SHARE

Depok, Nusantara Pos- Gerakan Indonesia Beradab (GIB) yang terdiri dari aliansi ratusan komunitas maupun organisasi akan menggelar penganugerahan GIB Award pada Sabtu, (22/7/2017) di Auditorium Djokosoetono, Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok.

Presiden Gerakan Indonesia Beradab, Dr. Bagus Riyono, MA mengungkapkan, GIB Award merupakan momentum besar untuk memperkenalkan Yogyakarta Declaration on Human Dignity (YDHD) pada masyarakat luas.

“Event ini adalah Big Bang bagi GIB setelah deklarasi tanggal 6 Nov 2016. Di sinilah YDHD 2016 kita perkenalkan ke masyarakat luas. YDHD 2016 adalah dokumen tentang manusia bermartabat dan cita- cita tentang peradaban mulia yang meluruskan kekeliruan pengertian masyarakat yang menganggap HAM sebagai Freedom. Kita (GIB) akan menegaskan bahwa HAM memiliki cita-cita puncak berupa Human Dignity,” ujar Bagus Riyono seperti dikutip Press Release yang diterima Nusantara Pos.

Sebagai Inisiator YDHD, lanjut Bagus, GIB menyadari benar HAM sebagai Human Dignity adalah misi utama dari HAM yang selama ini kurang banyak diketahui masyarakat.

“Kebanyakan orang mengira HAM adalah tentang freedom, padahal yang benar adalah tentang preserving and promoting Human Dignity,” lanjut Bagus yang juga Presiden International Association of Muslim Psychologist (IAMP) ini.

Dalam penganugerahan penghargaan ini, Alm KH. Hasyim Muzadi menjadi tokoh yang dinilai memiliki kepedulian tinggi untuk keberadaban dan masyarakat yang bermartabat. Beliau (alm) juga tokoh yang sangat peduli dengan keselamatan ahlak bangsa serta mampu berdialog dengan berbagai pihak diikuti dengan beragam latar belakang.

Selain itu, GIB menggelar GIB AWARD sebagai momentum untuk memperkenalkan tokoh-tokoh yang berjuang menegakkan HAM yang benar dengan tujuan menjaga human dignity.

“Oleh karenanya, kami menganugerahi K.H Hasyim Muzadi sebagai Life time achievement Award karena beliau berjuang sampai akhir hayatnya untuk menegakkan HAM yang menjunjung tinggi human dignity,” tuturnya.

Tidak hanya K.H Hasyim, sejumlah tokoh lain dan organisasi juga akan mendapat penghargaan GIB Award.

“Masing-masing penerima penghargaan adalah teladan untuk masing-masing kategori dalam berjuang menjaga human dignity di berbagai bidang,” pungkasnya.

Sejumlah tokoh dan aktivis akan hadir dalam penganugerahan GIB Award ini, diantaranya Prof. Dr. M. Habib Chirzin dari International Institute of Islamic Thought (IIIT), Ketua Penggiat Keluarga Indonesia (GIGA) Prof. Euis Sunarti, Pakar Hukum Universitas Indonesia Dr. Neng Djubaedah SH. MH., Ketua PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir, Ketua Himpunan Psikologi Cyber Indonesia Dr. Rahmat Ismail dan Wakil Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris SE., MH. (*)

LEAVE A REPLY