Home / BERITA PILIHAN / Menristekdikti Ingin Perguruan Tinggi di Indonesia Dikelola Secara Efisien

Menristekdikti Ingin Perguruan Tinggi di Indonesia Dikelola Secara Efisien

Menristek Dikti

Jakarta, NusantaraPos- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir ingin setiap Perguruan Tinggi (PT) meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

Salah satu caranya adalah dengan tidak membuka fakultas baru. Karena hal itu akan menghabiskan biaya yang sangat besar.

“Menambah satu fakultas itu menambah jabatan, menambah ruang kuliah atau pimpinan, yang akibatnya biaya akan habis disini semua,” ujar M. Nasir saat diwawancarai Nusantara Pos di Crowne Plaza, Jakarta, Kamis (02/11/2017).

Menurut Menristekdikti, hal tersebut lebih ditujukan untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) karena pendanaannya menggunakan anggaran dari negara. “PTN, kalau PTS bagi kami enggak ada masalah karena dia akan mendanai. Tapi saya sarankan jangan, itu tidak efisien,” tegasnya.

Saat ini, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dituntut meningkatkan kapasitasnya dalam pengelolaan agar mampu bersaing di dunia internasional.

Dan sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo, Nasir mendorong pembukaan Program Studi (Prodi) kekinian yang sesuai kebutuhan dunia kerja. Contohnya, dunia kerja lebih banyak membutuhkan banyak lulusan Prodi logistik, mekatronika, dan pemasaran ritel.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memungkinkan untuk kampus membuka Prodi sesuai dengan perkembangan zaman. Ketika menyelesaikan studi, lulusan Prodi kekinian diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja di Indonesia. (ARS)

Check Also

Demi Kepuasan Konsumen, Polytron Berikan Garansi 5 Tahun untuk LED TV

Jakarta, NusantaraPos- Komitmen dalam menjalin suatu hubungan tentunya sangat dibutuhkan. Lima tahun pertama dalam hubungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares