SHARE

Pacitan – Dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November DHC BBPK ’45 Melaksanakan Kegiatan 2 Tahunan yaitu Lomba Gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing tahun 2017. 

Sebanyak 2.541 peserta mengikuti Lomba Gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing tahun 2017, Pemberangkatan peserta tersebut dilakukan oleh Bupati Pacitan, Indartato dari garis start di titik Pacitan 0 Kilometer Jalan Ahmad Yani, Sabtu malam,(4/11)

Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan setiap tahun ganjil ditujukan untuk menghormati jasa para pahlawan dalam membela kemerdekaan, Apalagi kegiatan diadakan menjelang tanggal 10 November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Semangat dan nilai luhur yang dicontohkan oleh para pahlawan harus tetap dipelihara, diteladani, dan dijadikan semangat untuk membangun bangsa dan negara. Juga mencapai tujuan pembangunan, yakni menyejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam sejarahnya, gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing dilangsungkan untuk mengenang peristiwa perang antara tentara dan pejuang dengan pasukan Belanda yang terjadi pada 7 Juli 1949. Dimana saat itu lima anggota tentara dan tiga warga sipil meninggal.

Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) Pacitan, Yang sekaligus sebagai Ketua Panitia tersebut Imam Haryono menjelaskan bahwa tepatnya pada tanggal 7 Juni 1949 sekira pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB telah terjadi pertempuran cukup sengit antara pejuang Indonesia melawan para penjajah di Monumen Palagan Tumpak Rinjing.

“Sejumlah anggota TNI gugur kala itu. Mereka di antaranya Letda Anumerta Kusno, Serma Anumerta Imam, Kopral Sarponen, Kopral Supri dan Kopral Suhud, ada juga tiga warga sipil serta dua tentara pelajar juga gugur dalam pertempuran kala itu. Akan tetapi hingga saat ini mereka tidak diketahui identitasnya,” jelasnya.

Pada tahun ini, jumlah peserta Gerak Jalan Meningkat 16 persen dibanding pelaksanaan pada tahun 2015 lalu. Mereka terbagi dalam beberapa kategori regu. Diantaranya regu umum Putra/Putri pelajar Putra/Putri, Regu kehormatan, dan peserta perorangan dengan total jumlah mencapai 231 regu.

Agenda yang diprakarsai DHC BBPK ’45 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan ini menempuh jarak 32 kilometer. Adapun rute yang dilewati adalah Desa Sedeng Kecamatan Pacitan, Desa Ngadirejan, dan Desa Dadapan di Kecamatan Pringkuku.

Peserta kemudian menuju Monumen Jenderal Soedirman Palagan Tumpak Rinjing di Gesingan, Pringkuku. Setelah itu, turun melalui jalur utama Pacitan dan berakhir di alun-alun Pacitan pada Minggu 5 November 2017 sekitar pukul 04.00 WIB.

Hadir dalam pembukaan pemberangkatan Lomba Gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing 2017 tersebut Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang,Mantan Bupati dan Wabup Gepeng Sudibyo, Sekda Pacitan Suko Wiyono, Kepala Kemenag dan SKPD Pacitan, anggota Veteran dan masyarakat yang memadati Titik Nol Kilometer. (tyo)

LEAVE A REPLY