SHARE

Pacitan – Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar apel 1000 Relawan sebagai bagian dari gerakan pengurangan risiko bencana (PRB) di lapangan Pancer timur, Dusun Kiteran Desa Kembang Kecamatan Pacitan,Sabtu (4/11)

Selain Apel 1000 Relawan dirangkaikan dengan pembukaan latihan bencana alam tsunami oleh Komando Resor Militer 081/Dhirotsaha Jaya Madiun.

Bupati Pacitan Indartato sebagai Pemimpin Apel dalam amanatnya mengatakan bahwa kegiatan tersebut digabung dengan latihan bencana alam tsunami korem 081/Dhirotsaha Jaya Madiun 2017 dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan.

“Ini merupakan satu metode untuk melatihkan prajurit untuk melaksanakan perbantuan kepada pemerintah daerah untuk mengurangi dampak dari risiko yang ditimbulkan akibat bencana alam, dan pada hari ini apel 1000 relawan dengan tema berdayakan sadar bencana dengan sekolah laut dan latihan bencana alam tsunami korem 081/DSJ saya nyatakan dibuka dan dimulai laksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab,”jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis pohon Mangrove, penyematan Pin Komunitas Pesisir dan penyerahan tanda Latihan Terpadu Bencana Alam oleh pembina apel didampingi Guru besar Universitas Pertahanan Syamsul Maarif, Kasrem 081/Dsj dan Direktur Pengurangan Resiko Bencana Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Setelah pelaksanaan Apel, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon mangrove, gelar UKM dan menyaksikan demo laka laut dan atraksi Pacitan Surf Club (PSC).

Hadir dalam agenda apel tersebut Syamsul Ma’arif M.Si Guru besar menejemen bencana UNHAN, Lilik Direktur Pengurangan Resiko Bencana Diputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Pingki Hidayati Kasi Pencengahan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jatim.

Juga hadir Letkol Inf Jerm Ratu Edo Kasrem 081/Dsj Madiun, Ketua TP PKK Luki Indartato, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekda Suko Wiyono, Dandim 0801/Pacitan sekaligus Sebagai Komandan Satgas Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Perwira Seksi Latihan Korem 081/DSJ,Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Sigit Dwi Untoro yang di dapuk sebagai Komandan Pasukan Apel.

Turut hadir juga Suharyanto Kakesbangpol Pacitan, Ratna Budiono Sekretaris BPBD Pacitan, Pujono Kabid logistik BPBD Pacitan, Dianita Kasi Pencengahan dan kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Peserta latihan dari Jajaran Korem 081/ DSJ serta masyarakat Desa Sirnoboyo dan Desa Kembang.(tyo)

LEAVE A REPLY