SHARE

Pacitan – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pacitan  menggelar pembinaan 260 Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa dan Kelurahan dari tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Pacitan, Kecamatan Arjosari, Kecamatan Kebonagung di Balai Kelurahan Pacitan, Selasa (7/11).

Sekretaris Daerah Suko Wiyono dalam sambutannya mengatakan, Bahwa Linmas merupakan Keamanan Lingkungan di Desa/Kelurahan yang di bawah Komando Kasatgas Linmas yaitu Kepala Desa/Lurah,Dan Linman merupakan Pelopor Dan Penggerak Keamanan bagi masyarakat di daerahnya.

“Kami selaku Pemeirntah Daerah berharap dengan agenda pembinaan ini bisa meningkatkan kemampuan masyarakat dalam cegah tangkal terhadap gangguan keamanan lingkungan dan diharapkan satuan linmas dapat menjadi pelopor dan penggerak pengamanan ditengah-tengah masyarakat,”ujarnya.

Sekda berharap akan terwujud kerjasama dan sinergi antara pemerintah daerah dan instansi terkait dalam hal ini TNI, Polri dan tokoh masyarakat untuk membentuk kelompok kelompok masyarakat guna menciptakan suasana tertib,aman dan damai.

Sementara, Kepala Satpol PP Supardiyanto menekankan bahwa fungsi anggota linmas sangat vital. Fungsi vital tersebut berkaitan dengan pengamanan di Desa dan Kelurahan.

“Termasuk secara legalitas sesuai seperti tertuang dalam peraturan Menteri Dalam Negeri tentang satuan penugasan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketrentaman dan keamanan di wilayahnya,”katanya.

Dalam agenda tersebut digelar berbagai materi, diantaranya penyelamatan dan Evakuasi serta Dapur Umum oleh Satpol PP Pacitan, Materi kemudian dilanjutkan dengan materi kesiapsiagaan dan kewaspadaan oleh BPBD Pacitan.

Para Linmas kemudian diberikan materi pertolongan pertama pada korban dan kebakaran oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Pacitan dan diakhiri materi pengamanan oleh Polres Pacitan.

Hadir dalam pembinaan tersebut Camat Arjosari Muniirul Ichwan, Camat Pacitan Amat Taufan, Camat Kebonagung Sugeng Widodo dan seluruh Kepala Desa dari tiga Kecamatan, yakni Pacitan, Arjosari dan Kebonagung. 

Kegiatan tersebut rencananya di laksanakan dua hari dan agenda betikutnya adalah pembinaan Linmas untuk Kecamatan Punung, Kecamatan Donorojo, Kecamatan Pringkuku yang akan dilaksanakan di Balai Desa Punung.(tyo)

LEAVE A REPLY