SHARE

Pacitan,nusantarapos – Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Pacitan dilaksanakan di halaman Pendopo Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 08 dengan Inspektur Upacara Bupati Indartato berjalan lancar dan Khidmat. Hari Pahlawan Tahun 2017 dengan mengambil tema Perkokoh Persatuan Membangun Negeri diikuti sekitar 800 orang, Jum’at (10/11)

Menteri Sosial Ibu Hj. Kofifah Indarparawangsa,dalam amanatnya yang di bacakan oleh Bupati Pacitan Indartato yang intinya, Pada Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras/suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA ClTA kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Ketiga ranah pembangunan tersebut bisa dibedakan tapi tak dapat dipisahkan satu sama Iain saling memerlukan pertautan secara sinergis perubahan mental kultural memerlukan dukungan politik dan material berupa politik kebudayaan dan ekonomi budaya sebaliknya perubahan politik memerlukan dukungan budaya dan material berupa budaya demokrasi dan ekonomi politik.

Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka Iakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Para Pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

Upacara yang di ikuti oleh 1 SST Korsik Gema Goa Gong SMKN 1 Pacitan, 1 SST Kodim 0801/ Pacitan, 1 SST Polres Pacitan, 2 SSK Korpri, 1 SST Satpol PP, 2 SST Mahasiwa, 1 SSK Organisasi Pemuda, 1 SSK Pelajar SLTA, 1 SSK Pramuka dengan Komandan Upacara Kapten Inf Sodikun (Pasi Ops Kodim 0801 / Pacitan). 

Hadir dalam pelaksanaan Upacara tersebut Drs. H Yudi Sumbogo Wakil Bupati Pacitan, Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang Dandim 0801/ Pacitan, AKBP Suhanda Cakra Wilayah S.I.K Kapolres Pacitan, Bpk. Rony Wahyono Ketua DPRD  Pacitan, Drs. Suko Wiyono Sekda Kab Pacitan, Kepala SKPD se Kabupaten Pacitan, Kepala OPD (Organisasi Pemuda) Kab Pacitan, Kapten Lek Irfan Dan Lanud Iswahyudi meteorologi Pacitan, Mayor Inf. Prio Handono Kaminvet Pacitan, Lettu Cpm Nur Kholiq Dansub V/1-4 Pacitan,Drs. H.M Nurul Huda Kepala Kemenag Pacitan, Pejabat Eselon Ill  Kab. Pacitan serta Anggota LVRI dan PEPABRI.

Acara di lanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Pacitan.(tyo)

LEAVE A REPLY