SHARE

Pacitan,nusantarapos- Dalam rangka Peringatan Hari Pahlawaan ke 72 tahun 2017, Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (BPK’45) Pacitan menggelar Sarasehan Nilai-nilai Kebangsaan bagi generasi muda yang dilaksanakan di Gedung Karya Dharma, Komplek Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu (11/11)

Dalam Sarasehan yang diikuti ratusan pelajar se-Kabupaten Pacitan tersebut. Ada dua Pemateri yang hadir dan memberikan wawasannya kepada peserta, Materi tersebut adalah materi sejarah, dimana sejarawan Tessy Sudibyo mengupas perang palagan tumpak rinjing. Sementara materi kedua adalah nasionalisme yang dipaparkan oleh Komandan Komando Distrik Militer 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang.

Dalam kesempatan tersebut, sejarawan Tessy Sudibyo  menyampaikan materi tentang sejarah pertempuran Palagan Tumpak Rinjing, yang terjadi di Dusun Gesingan, Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku.

“Palagan tumpak rinjing adalah  pertempuran-pertempuran kecil melawan Belanda yang terjadi di Pacitan dalam memeperjuangkan kemerdekaan. Walaupun kecil tetapi palagan tumpak rinjing mempunyai pengaruh yg besar dan membut belanda kocar-kacir,”paparnya.

Tessy lebih lanjut menjelaskan bahwa dengan adanya palagan tumpak rinjing perjuangan bangsa Indonesia diperhitungkan belanda.

“Kita perlu bangga karena Palagan tumpak rinjing menjadi tonggak sejarah terjadinya kemerdekaan Indonesia,”tambahnya.

Sementara Pemateri ke dua adalah Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang menyampaikan materi Nasionalisme kepada para peserta mengatakan bahwa Indonesia sebagai Zamrud khatulistiwa aman tentram makmur.

“Tetapi semua itu tidak datang tiba-tiba, dan datang secara gratis, kemerdekaan yang kita peroleh adalah hasil jerih payah, dan jutaan korban jiwa dari para pejuang yang telah mempertaruhkan jiwa raganya untuk kemerdekaan indonesia,”jelas Mantan Komandan Yonkav 7 tersebut.

Lebih lanjut Jebolan Akmil 1999 tersebut mengatakan bahwa Indonesia akan maju apabila mempunyai Nasionalisme, dan tidak akan maju hanya mempunyai jiwa nasionalisme kelompok.

“Melalui jiwa nasionalisme kita akan mampu memajukan Indonesia dimasa yang akan datang dan setiap warga negara Indonesia harus memperkokoh Jiwa Nasionalisme,”tukasnya.

Di akhir acara Sarasehan Panitia menyerahkan hadiah lomba gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing yang berlangsung pada pekan lalu.

Hadir dalam kesempatan sarasehan tersebut Yudi Sumbogo Wakil Bupati Pacitan, Kepala Kesbangpol Suharyanto, Kepala Dinas Perhubungan Wasi Prayitno, Ketua DHC-BPK’45 Imam Haryono, Kepala Satpol PP Supardiyanto dan para peserta gerak jalan Palagan Tumpak Rinjing serta Para pelajar yang dengan khitmad memgikuti Sarasehan. (swr/tyo)

LEAVE A REPLY