SHARE
Palembang, NusantaraPos – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang jatuh pada hari ini, Selasa, 14 November 2017, diresmikan Rumah Kreatif Baturaja (RKB).
Peresmian dilakukan langsung oleh Deputi Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Fajar Harry Sampurno, di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan.
Fajar mengemukakan RKB diresmikan dengan tujuan agar dapat menjadi wadah pendampingan dan pengembangan kompetensi Usaha Kecil Menengah (UKM). “Khususnya UKM di wilayah Baturaja,” katanya.
Ketika meresmikan, Fajar juga didampingi oleh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten OKU, Mirdaili, berserta jajaran Direksi Semen Baturaja (SMBR).
Direktur Utama Semen Baturaja, Rahmad Pribadi, pada kesempatan yang sama mengutarakan peresmian yang dilakukan langsung oleh Deputi Kementerian BUMN menunjukkan komitmen Kementerian BUMN mendukung perkembangan UKM di Indonesia. rahmad mengutarakan berdasarkan data dari Kementerian BUMN, jumlah UKM saat ini mencapai 57 juta usaha dengan komposisi UKM yang masih didominasi oleh usaha berskala mikro.
Menurut Rahmad, data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menunjukkan sebesar 99 persen usaha di Indonesia masih berskala mikro. Rahmad mengatakan usaha-usaha mikro tersebut perlu didorong agar dapat terus maju dan berkembang. “Semen Baturaja siap mendukung tumbuh kembangnya UKM,” ujarnya.
Selain peresmian RKB, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan simbolis berupa empat unit dump truck kepada Pemerintah Kabupaten OKU. Bantuan diterima langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU, Slamet Riyadi. Bantuan Dump Truk diserahkan sebagai wujud kepedulian SMBR terhadap kebersihan Lingkungan Kota Baturaja dan akan digunakan sebagai kendaraan operasional dinas lingkungan hidup.
Selain itu, penyerahan Dump Truck juga dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan dari Semen Baturaja kepada Pemerintah Kabupaten OKU untuk mempertahankan piala Adipura yang baru saja diraih pada tahun 2017 ini. (*)

LEAVE A REPLY