Home / BERITA TERBARU / Kemenristekdikti Gelar Forum Kerjasama IPTEK dengan Tiongkok

Kemenristekdikti Gelar Forum Kerjasama IPTEK dengan Tiongkok


Jakarta, NusantaraPos- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tiongkok sepakat membentuk ‘Joint Committee Meeting’ (JCM) untuk mengawal pelaksanaan kerjasama di bidang Iptek dan Inovasi yang telah disepakati pada tahun 2011 silam. Penyelenggaraan JCM ke-5 telah dilaksanakan di Beijing pada Agustus 2017. 

Sebagai upaya memperkuat kerjasama tersebut, diadakan Forum Kerjasama IPTEK Inovasi Indonesia tanggal 27 November 2017 untuk mensosialisasikan hasil kerjasama bilateral kepada komunitas yang lebih luas serta mengundang institusi lain.

Forum ini juga merupakan program kerjasama bilateral Indonesia-Tiongkok yang dikoordinasikan oleh Kemenko PMK Puan Maharani dan Kantor Vice PM PR China. Forum dibuka oleh sambutan Menristekdikti Mohammad Nasir beserta Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu Yandong. Hadir pula 10 menteri Tiongkok, termasuk Menteri Iptek Wan Gang dan Menteri Pendidikan Baosheng.

Pada tahun ini, kedua belah pihak sepakat menambah kerjasama dalam bidang ‘Port Contruction’ yang di Indonesia dipimpin oleh ITB, pengembangan Science Techno Park dengan focal point Dirjen Kelembagaan Iptek Kemenristekdikti dan penggunaan nuklir yang perjanjiannya akan ditandatangani di Solo, (28/11).

“Dalam kerjasama akan terjadi pertukaran pandangan, diskusi, rencana kolaborasi efektif dalam berbagai bidang, yaitu bio teknologi, Science Techno Park, dan penguatan nuklir. Rencana ke depan kita akan memperkuat hubungan harmonis antara Indonesia dan Tiongkok,” ujar M. Nasir saat memberikan sambutan di Gedung Kemenristekdikti, Senin (27/11/2017).

Melalui kerjasama ini, diharapkan akan membawa manfaat bagi peningkatan pembangunan maupun kehidupan kualitas masyarakat tidak hanya bagi kedua negara, tetapi juga untuk dunia. (ARS)

Check Also

Batam Peringati Hari Jadinya ke-188

Nusantarapos, -Paguyuban dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan Pawai Budaya dalam rangka Hari Jadi  Batam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares