Home / BERITA TERBARU / Universitas Pancasila Gelar Sarasehan Bertemakan ‘Pancasila dan Nasionalisme Era Millenial’

Universitas Pancasila Gelar Sarasehan Bertemakan ‘Pancasila dan Nasionalisme Era Millenial’

Universitas Pancasila. Foto : Ari

Jakarta, NusantaraPos- Universitas Pancasila hari ini, Rabu (29/11/2017) menggelar sarasehan dengan tema “Pancasila dan Nasionalisme Era Milenial”. Kegiatan ini merupakan silahturahmi akademik dari pusat studi Pancasila seluruh Indonesia untuk mendiskusikan internisasi nilai-nilai Pancasila di era millenial.

Hadir sebagai pembicara Siswono Yudo Husodo. Mantan Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan ini berbicara mengenai kerusakan moral yang terjadi di kalangan elite politik dan pengaruhnya bagi masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua Pusat Studi Pancasila dari Universitas Pancasila Hendra Nurtjahjo mengatakan, nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan bagi generasi muda seperti mahasiswa dengan pendekatan yang lebih efektif.

“Saat ini pendekatannya beda dengan anak-anak sekarang. Mahasiswa juga begitu, kita tidak hanya berkhotbah di kelas tapi juga harus interaktif dan kreatif supaya mereka bisa menginternalisasi nilai-nilai Pancasila secara lebih efektif,” ujar Hendra.

Ia menambahkan, masalah moral, kepemimpinan dan penghayatan Nasionalisme juga sudah luntur. Bahkan saat ini malah memberikan contoh yang kurang baik bagi generasi muda.

“Contoh-contoh yang diberikan elite politik itu sangat mengganggu internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila. Padahal kita bangsa yang santun, memajukan peradaban, bangsa yang memikirkan ideologi yang mendamaikan dunia,” terangnya.

Ke depan, Universitas Pancasila akan mempromosikan Pancasila sebagai ideologi dunia. “Karena hanya Indonesia yang memiliki Pancasila yang bisa mendamaikan kehidupan antar umat beragama, antar suku, bahasa. Jadi ini yang harus kita satukan,” tegasnya. (ARS)

Check Also

Batam Peringati Hari Jadinya ke-188

Nusantarapos, -Paguyuban dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan Pawai Budaya dalam rangka Hari Jadi  Batam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares