Menag Buka Kongres Ke-3 Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia

oleh

Surabaya, NusantaraPos- Kongres ke-3 Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) yang berlangsung di Hall Utama JX Convention Exhibition, Surabaya, Jawa Timur secara resmi dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sabtu (2/12).

Pembukaan Kongres AGPAII ke-3 ditandai dengan pemukulan gong oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.   Turut hadir dalam pembukaan Kongres ke-3 AGPAII, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Imam Safe’i,  alim ulama, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Perhelatan akbar lima tahunan AGPAII kali ini mengusung tema Memantapkan Keberagamaan, Merawat Keberagaman untuk Kejayaan NKRI dan dihadiri ribuan peserta yang berasal dari berbagai provinsi, kabupaten/kota di Indonesia. 

“Alhamdulillah saya bisa hadir di forum ini dan mudah-mudahan diberkahi Allah.  Kehadiran saya di Kongres AGPAII ini tidak semata memenuhi undangan, melainkan yang tidak kalah pentingnya adalah bisa bersilaturahim dengan guru pendidikan agama Islam dari seluruh Indonesia, “ kata Lukman Hakim disambut riuh ribuan guru.

Menag menambahkan,  saat ini Kementerian Agama tengah menelaah dengan kajian mendalam  terkait kesejahteraan guru-guru agama Islam di daerah. Kemenag, ujar Menag, setiap tahunnya mengalokasikan anggaran untuk tunjangan guru.

 “Setiap tahun Kemenag mengalokasikan sebesar Rp5,3 triliun untuk tunjangan dan kesejahteraan guru agama di Indonesia, “ ujar Menag .  

Diakhir sambutannya Menag berpesan kepada ribuan guru agar menanamkan rasa cinta pada profesi dan anak didiknya lewat seuntai puisi.

“Tanamkanlah rasa cinta dalam mendidik. Jika harus menghukum siswa, hukumlah dengan cinta”, ucap Menag.

Ketua Dewan Pimpinan  Wilayah  (DPW) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jatim, Mohammad Ghozali selaku panitia Kongres AGPAII ke-3 menyatakan, sekitar 10.000 guru menghadiri  acara ini.

“Inilah para pelaku revolusi mental di Indonesia. Sudah selayaknya guru agama diperhatikan. Kejayaan PAI adalah kejayaan Kementerian Agama dan kejayaan Kementerian Agama adalah kejayaan Indonesia,“ ujar Ghozali.

Para guru diwakili Ketua DPW AGPAII Jatim juga menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Agama yang sudah memenuhi seluruh Tunjangan Profesi Guru (TPG) khususnya guru agama Islam di Indonesia. (*/Kemenag)