Home / BERITA TERBARU / Banjir, Mentan Pastikan Stok Beras di Pasar Induk Aman

Banjir, Mentan Pastikan Stok Beras di Pasar Induk Aman

Amran Sulaiman Lihat Kondisi Stok Beras di Pasar Induk Cipinang. Foto: Arie

Jakarta, NusantaraPos- Menteri Pertanian Amran Sulaiman hari ini, Senin (4/12/2017) melakukan sidak ke Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur untuk mengecek stok beras dan penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Hari ini kami lakukan sidak atas seijin Menteri Perdagangan. Beliau ke Bandung jadi kami masuk pasar. Kami mengecek langsung kondisi stok. Harga kami temukan Rp 7.800 per kilogram. Ini menunjukan penurunan harga sejak berlakunya Harga Eceran Tertinggi (HET). Awal berlaku HET Rp 9.050, sekarang Rp 7.800,” kata Mentan saat jumpa pers di depan awak media.

Ia melanjutkan, stok beras di Cipinang bisa mencapai 5000 ton per hari. “Suplainya masuk Cipinang kami cek tadi pagi jam 07.00 WIB yaitu 3.493 ton. Kemungkinan nanti sore 4000-5000 ton. Ini diatas normal, padahal tinggal 3 minggu lagi masuk Januari akhir sudah panen puncak,” jelasnya.

Mengenai banjir yang melanda daerah penghasil beras di Jawa Timur, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah, Amran menjelaskan bahwa petani yang sawahnya terkena dampak banjir akan mendapatkan asuransi sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Selain itu, Kementerian Pertanian juga sudah mengantisipasi dengan memperbaiki infrastruktur pertanian sejak 2014 lalu.

“Irigasi tersier 3,4 juta hektar sudah selesai, kemudian normalisasi waduk, mengirim alat sistem pertanian naik 2000 persen dibanding 2014. Kita sudah persiapkan jauh sebelumnya,” tuturnya.

Dengan persiapan selama tiga tahun itu, ia bersyukur kondisi stok beras saat ini di Pasar Induk Cipinang aman. Pasar ini dijadikan Mentan sebagai barometer perberasan di Indonesia. “Alhamdulillah hasilnya hari ini kita tunjukan bahwa suplai untuk Cipinang produksinya bagus, panennya juga aman,” tandas Amran. (ARS)

Check Also

Kasihan…, Penyingkiran Sisa Longsor Penggunaan Alat Berat Harus Di Tanggung Wilayah Sendiri

Nusantarapos,- Penggunaan alat berat yang diperuntukkan untuk melakukan pembersihan bekas longsor di Kabupaten Pacitan ternyata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares