Jokowi Perintahkan Segera Bangun Infrastruktur yang Rusak Akibat Banjir di Pacitan

oleh

Pacitan, nusantarapos – Kedatangan Orang Nomor Satu Di Negri ini di sambut Ratusan warga di sekitar Tanggul yang jebol akibat banjir bandang melanda Kabupaten Pacitan yang terjadi tanggal 28 November lalu.

Ratusan warga terdampak tanggul jebol di Lingkungan Krajan, Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, Berbondong-bondong ingin melihat secara langsung Presiden RI ke-7 tersebut yang menyempatkan hadir dan meninjau langsung lokasi yang cukup parah di terjang dahsyatnya air sungai Grindulu tersebut, Sabtu (9/12).

Sekitar Pukul 15.00 Wib Presiden Jokowi yang tiba di Lanud Iswahyudi Pacitan mengunakan Hellikopter Kepresidenan Jenis Super Puma langsung disambut Gubernur Jawa Timur Soekarwo,Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman, Kapolda Jatim Irjen Polisi Machfud Arifin, Bupati Pacitan Indartato serta Kadis Ops Lanud Iswahyoedi Madiun‎ Kolonel Penerbang Wastum.

Kemudian Presiden Jokowi beserta rombongan menuju ke lokasi Jebolnya Tanggul di Kelurahan Ploso, Begitu tiba di lokasi yang sudah dipadati masyarakat Presiden Jokowi langsung menyalami warga yang sudah menantinya.

“Bapak,Ibu yang Sabar ya, Ini merupakan ujian dari Allah,” Ujar Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI tersebut dengan senyum khasnya.

Setelah bertemu dan menyapa Masyarakatnya Presiden meninjau langsung Tanggul yang jebol di ujung timur Kelurahan Ploso tersebut.

Jokowi berharap agar secepatnya Pemkab Pacitan dengan Pemprov Jatim berkoordinasi dengan Kementerian terkait guna menanggulangi kerusakan tanggul pengaman sungai yang jebol baik di daerah Ploso maupun di beberapa titik yang di terjang banjir bandang seperti di Desa Sirnoboyo dan Purwoasri.

“Kepada Gubernur dan Bupati agar segera berkordinasi dengan kementrian terkait untuk meperbaiki kembali tanggul penahan air yang jebol agar masyarakat yang tinggal di sekitar tanggul bisa merasa aman kembali,”tegasnya.

Selesai meninjau kondisi kerusakan tanggul, Presiden Jokowi bertolak menuju beberapa titik terdampak bencana di Kecamatan Arjosari dengan perjalanan darat Dan tujuan pertama nya adalah ke pondok Pesantren Tremas yang merupakan Pondok Pesantren Tertua Di Pacitan.

Secara terpisah Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengungkapkan, Dengan kunjungan Presiden ke Pacitan bisa di jadikan dukungan mental bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu.

“Semoga dengan kunjungan Bapak Jokowi bisa menambah semangat bagi seluruh warga pacitan yang terdampak bencana kemarin, Dan dari Pemprov akan segera berkordinasi dengan Pemkab Pacitan untuk segera membenahi insfratuktur yang rusak,”tandas Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim tersebut. (tyo)