Ini Hasil Pencapaian Tiga Tahun Kementerian Pertanian

oleh
Mentan Amran Sulaiman

Jakarta, NusantaraPos- Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan bahwa harga pangan di momen Natal dan Tahun Baru akan stabil dan stok aman. Ia juga menghimbau kepada para pedagang untuk tidak menaikkan harga.

“Dulu Lebaran harga stabil kan? Apalagi Natal dan Tahun Baru waktunya singkat. Kami himbau kepada pedagang jangan menaikkan harga, karena produksi lebih dari cukup,” kata Mentan usai menjadi pembicara di “Peringatan Hari Ibu 2017 Himpunan Kerukunan Tani Indonesia” di Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Ia menekankan, apabila ada kenaikan bisa jadi disebabkan oleh biaya distribusi. Amran pun sudah berkoordinasi dengan lembaga yang terkait untuk mengawal stok pangan.

“Jadi kalau ada kenaikan mungkin distribusinya, sehingga kemarin Satgas pangan kita rapat. Kapolri, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, KPPU, Bulog dengan saya,” terangnya.

Ia menjelaskan kalau harga pangan naik bukan dikarenakan kekurangan stok. “Jangan kita terbiasa kalau harga naik, produksi tidak ada,” tuturnya.

Soal pencapaian kinerja Kementerian Pertanian tahun 2017, Amran memastikan empat komoditi pangan sudah tidak lagi impor.

“Tiga tahun Kementerian Pertanian Alhamdulillah. Justru sekarang ini kita sudah swasembada beras, jagung, bawang kemudian juga cabai selesai tahun ini,” pungkas Amran. (ARS)