Menristekdikti Gelar Penganugerahan Lembaga Penelitian dan Pengembangan 2017

oleh

Jakarta, NusantaraPos- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) hari ini menggelar Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 di Gedung BPPT Kemenristekdikti, Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Menristekdikti Mohamad Nasir, penghargaan ini diberikan kepada lembaga- lembaga yang penelitiannya sudah sampai pada tingkat inovasi.

“Penghargaan ini kami berikan kepada lembaga-lembaga litbang, baik yang berada di bawah kementerian lembaga dan yang ada di Perguruan Tinggi, yang mereka dari riset, penelitian, tahapannya sudah pada tingkat inovasi. Berarti sudah ada kecenderungan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya saat diwawancarai Nusantara Pos, Rabu (13/12/2017).

Ia berharap, penghargaan ini bisa memotivasi para peneliti sehingga bisa giat menciptakan produk-produk inovasi baru. Selain itu, ke depan hasil inovasi tersebut bisa bekerjasama dengan industri sehingga bisa dikomersialisasikan serta bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Dengan penghargaan ini harapan kami ke depan bisa melakukan komersialisasi terhadap inovasinya itu. Ini hal yang menjadi penting,” harapnya.

Ia juga memberi contoh produk inovasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang kesehatan, yakni implan tulang yang risetnya bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Contoh yang tadi saya sampaikan yaitu tentang implan tulang, yang itu bersama dengan BPPT. Selama ini 100 persen implan tulang impor. Tapi ini saya sampaikan kepada para peneliti tadi, ini bisa diproduksi oleh PT Zenith, 100 persen dalam negeri akan terpenuhi. Ini luar biasa!” ungkap Nasir. (ARS)