DPRD Kabupaten Pacitan Bahas Perda Ketertiban Umum dan Ketenteraman Umum

by

Nusantarapos, -DPRD Kabupaten Pacitan, hari ini, Senin (18/12) mengadakan rapat Pansus mengenai pembuatan perda penataan lingkungan dan pengaturan bangunan yang khususnya mengenai aturan rumah kos, pembangunan kios di tepi jalan, penebangan pohon serta jam berkunjung tamu di tempat kos.

Acara pansus tersebut juga dihadiri oleh Satuan Polisi Pamong Praja, Lurah dan kepala Desa serta perwakilan dari pemilik kos dan pelajar.

“Kebetulan kami kan ada dua kami pansus 3 terdiri dari 11 anggota membahas 2 perda sekaligus mengenai penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman umum masyarakat di Kabupaten Pacitan,” Kata Sri Widowati Ketua Pansus 3.

Mengenai inisiator tersebut merupakan dari Satpol PP dimana Satpol PP berguna hal-hal yang belum ada payung hukum akan diatur melalui Perda.

Sri Widowati Ketua Pansus 3 DPRD Pacitan dari Partai Golongan Karya

Lebih lanjut Sri Widowati juga mengatakan, ” Terkait penggunaan jalan jadi tertib jalan dan kendaraan dan juga tertib sungai dan kolam dan juga tertib berusaha dan lingkungan. jadi disitu kita atur semuanya dan nantinya Satpol PP jika bertindak nanti akan tahu mengenai batasan-batasan mana yang akan mendapatkan sangsi baik tertulis maupun pidana.”

Saat ini untuk masalah IMB sudah ada Perda sendiri mengenai IMB. Tentunya ada beberapa hal yang perlu dipenuhi akan IMB dan juga yang lebih penting kesadaran dari masyarakat.

“Terkait rumah kos ini juga sudah ada Perdanya tersendiri dan sudah ada ijinnya. Oleh karena itu kita juga akan mengatur mengenai pengelolaan rumah kos. Kita juga akan membedakan adanya kos antara laki-laki dan perempuan serta jam kunjungnya. Jadi kewajiban pemilik rumah kos kepada lingkungan juga akan kita sampaikan,”terangnya.

Dalam pansus ini nantinya juga akan dikirimkan dan dievaluasi ke gubernur dan setelah Gubernur menyetujui akan dilaksanakan.

“Diharapkan nanti setelah semua sudah disetujui nanti baru akan kita adakan ketetapan dan akan dilaksanakan Perda tersebut,” pungkasnya. (JOKO)