Daun Katinon Selundupan Berhasil digagalkan Bea Cukai Batam dan Polda Kepri

oleh

Batam, Nusantarapos, -Bea Cukai Batam dan Polda Kepri berhasil membongkar jaringan penyelundupan daun katinon. Penyelundupan 55 kilogram daun yang kerap di sebut “teh arab” ini, berawal dari kecurigaan petugas Bea Cukai saat melakukan pemeriksaan paket yang berasal dari Negara Eithopia tujuan Batam melalui pengiriman PT Pos Indonesia.

Kombes Pol Yani selaku Dirnarkoba Polda Kepri menjelaskan “setelah kita periksa resi pengiriman nya, barang ini dipesan melalui Eithopia kemudian melalui beberapa Negara lain seperti India, Thailand, Jakarta hingga akhirnya sampai ke Batam”.

“Setelah melakukan pengecekan sesuai dengan alamat penerima, petugas berhasil mengamankan satu orang tersangka berinisial YF di kawasan Perum Cipta Puri, Tiban, Sekupang”.

“Dari pengakuan tersangka, bahwa pemesan sendiri merupakan warga Negara Malaysia. Nantinya barang bukti, akan dipaketkan lagi oleh dia (YF) kemudian akan dikirim ke Malaysia,”

“Setelah mendapatkan keterangan dari YF, kami kemudian melakukan pencarian identitas pemesan yang berada di Malaysia. Darisana kita tau, bahwa pemesan yang disana ternyata merupakan pengungsi dari Yaman yang mengantongi izin dari UN,” ungkap Kombes Pol Yani.

Daun Katinon juga di sinyalir digunakan untuk menjadi bahan baku pembuatan ekstasi. Daun “teh arab” ini juga sempat marak di Indonesia terutama di kawasan Jakarta, Bogor serta Semarang.

“untuk tersangka YF sendiri dikenakan Pasal 114 ayat 2 dan Pasal 113 ayat 2 ancaman maksimal hukuman mati”. Tutup nya.