10 Tahun Berkarya, Afgan Luncurkan Album ‘Dekade’

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Setelah 10 tahun berkarir di blantika musik tanah air, solois Afgansyah Reza meluncurkan album bertajuk ‘Dekade’ yang berisi 7 lagu lama, 3 lagu remake dan 4 lagu baru.

“Perasaan saya sih, udah 10 tahun enggak kerasa ya? Saya ngejalaninnya dengan sepenuh hati jadi enggak berasa. Dengan album Dekade ini masih enggak percaya saya udah 10 tahun di dunia musik. Album ini lebih dari sekedar musik, tapi ke arah perjalanan hidup saya. Penting banget,” ujar Afgan saat ditemui Nusantara Pos di Peluncuran album ‘Dekade’ di KFC Kemang, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Yang berbeda, di album ini Afgan sudah berani untuk menciptakan lagu sendiri. Sedangkan di awal karir, ia cenderung menyanyikan lagu karya orang lain.

“Di album dekade ini aku lebih nyaman menyanyikan lagu ciptaan sendiri. Dari musikalitas, saya suka banget mengeksplorasi diri. Dari melodi dan lirik Afgan banget sih. Lebih original,” terangnya.

Lagu terbaru Afgan antara lain Love Again, Sudah, Heaven dan Take Me Back. Sedangkan lagu yang diaransemen ulang merupakan lagu yang pernah menjadi hits Afgan kala itu, yakni Sadis, Bukan Cinta Biasa, Bawalah Cintaku. Tak lupa lagu duetnya bersama Rossa (Kamu Yang Kutunggu) dan Raisa (Percayalah). Serta beberapa single lainnya seperti Panah Asmara, Setia Menunggu, Knock Me Out dan Kunci Hati.

Pria 30 tahun ini menyatakan bahwa dirinya tak pernah merasa jenuh selama 10 tahun berkarir. Baginya yang terpenting, ia tetap mampu berkarya di tengah maraknya penyanyi pendatang baru.

“Yang gue lihat pasti bangga dengan diri gue karena bisa bertahan selama ini, karena industri banyak datang talenta baru. Yang paling penting jangan pernah ngerasa bosan, stuck, nanti enggak akan bisa ngeluarin karya lagi,” ungkap Afgan.

Album ‘Dekade’ didukung oleh musisi ternama, mulai dari Andi Rianto, Inu ‘Numata’, Tatsuro Miller dan Tohpati. Di album ini, musik Pop Afgan cenderung dipengaruhi dengan irama dan beat R&B tahun 90-an. (ARS)