PLN Gandeng 7 PTN Demi Kembangkan Inovasi Ketenagalistrikan

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Menteri BUMN Rini M. Soemarno hari ini menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PLN dengan 7 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni UI, IPB, ITB, UGM, UNDIP, ITS dan UDAYANA.

Kerjasama ini merupakan bentuk nyata kepedulian PLN dalam pemberdayaan SDM dalam penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan tanah air.

Kerjasama ini mencakup tiga hal, yakni program magang bersertifikasi bagi mahasiswa sesuai kompetensi bidang ketenagalistrikan, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan (inovasi kendaraan listrik) serta diseminasi bidang ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional.

Acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama diiakukan antara Direktur Utama PLN Sofyan Basir dengan 7 Rektor masing-masing Universitas, antara lain Rektor UI Muhammad Anis, Rektor lPB Arif Satria, Rektor ITB Kadarsah Suryadi, Rektor UGM Panut Mulyono, Wakil Rektor UNDIP Ambariyanto, Rektor ITS Joni Hermana, dan Rektor Udayana Anak Agung Raka Sudewi. Penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Hotel Fairmont, Senayan, Rabu (28/02/2018).

Dalam arahannya Menteri BUMN, Rini M. Soemarno menyambut baik kerjasama ini, karena PLN dan perguruan tinggi pada dasarnya memang saling membutuhkan untuk menciptakan inovasi yang berguna bagi kemajuan bangsa, khususnya dibidang energi listrik.

“Jadi memang ini kelanjutan dari pertemuan sebelumnya, dimana kita bisa meningkatkan kemampuan kita untuk memproduksi komponen kelistrikan kita bekerjasama dengn perguruan tinggi. Targetnya untuk membangun 2 PLTU dua kali 50 Megawatt di Bangka. Yang diharapkan dengan teknologi research bersama, PLTU disitu bisa menjadi PLTU yang dibuat oleh putra putri bangsa. Saya harapkan kerjasama ini bisa berkembang terus dan bermanfaat baik bagi bangsa,” kata Rini.

Senada dengan hal tersebut Direktur Utama PLN Sofyan Basir juga mengungkapkan dukungan untuk keberlangsungan program kerjasama ini, Sofyan menilai dengan melibatkan potensi anak bangsa dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan akan dapat mendorong roda perekonomian.

“Salah satu kerjasama kami adalah PLTU Nasional, yang merupakan pembangkit dengan sumber daya secara menyeiuruh dari Indonesia untuk Indonesia, penggunaan produk dalam negeri dan juga tenaga kerja ahli dalam negeri tentu dapat memperkuat struktur industri Nasional sehingga tercipta lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesempatan kerja,” terang Sofyan Basir. (ARS)