Sarapan Roti Bakar Earl Grey di Kedai Roti Eneng

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Bagi masyarakat Indonesia, roti sudah menjadi menu sarapan untuk mengisi perut di pagi hari. Dan jika Anda bosan dengan dengan varian roti yang di jual di pasaran serta ingin mencoba menu roti yang berbeda dari biasanya, cobalah mampir ke kedai Roti Eneng. 

Berlokasi di sebuah rumah berpagar hitam tepatnya Jalan Gandaria Tengah IV No.19 Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kedai roti Eneng terlihat begitu minimalis. Ada plang kecil berbentuk roti tawar berada di depan bangunannya. Pembeli yang datang terlihat duduk di kursi dan meja yang terbuat dari kayu. Sembari menunggu roti yang dipesan, mereka bisa melihat langsung para pegawai yang sedang memanggang roti di dapurnya. Suasananya homey banget! 

Menu utama di kedai Roti Eneng dan menjadi favorit pembeli adalah roti bakar Earl Grey. Menurut pemilik Roti Eneng, Sarah Diana Oktavia, selai roti Earl Grey dibuat dari rebusan teh asli Inggris yang dipadu dengan susu sapi cair. Menu ini merupakan resep buatan sendiri sehingga menurut Diana, tidak ada resep serupa di kedai roti bakar lain.

“Roti dari selai teh Inggris campur susu. Kita masak berjam-jam sampai susut, agak kental. Ide semuanya dari aku. Teh nya kita impor dari Inggris langsung. Rotinya yang bikin ibuku dan kakakku, resep keluarga,” kata Diana yang diwawancarai Nusantarapos.co.id di Kedai Roti Eneng, Jumat (30/3/2018). 

Saat dicicipi, tekstur pinggiran roti bakar Earl Grey begitu renyah dan rotinya juga lembut. Selainya pun memiliki rasa manis yang tidak berlebihan.

Menu ini dijual seharga Rp. 35.000 per porsi. Diana menjelaskan, roti ini harganya agak mahal karena dibuat dari butter buatan luar negeri. “Kita tuh nggak pakai margarin sama sekali, pakai butter. Butternya dari luar negeri,” terangnya.

Selain roti bakar, toko Roti Eneng juga menjual minuman khas racikan sendiri yang dikemas dalam botol yaitu Marie Regal Shake dan Ice Choco Salt. Kedua minuman ini juga paling laris dibeli pelanggan setianya dan dibandrol Rp. 29.000 per botol. “Paling tahan 4-5 hari di kulkas,” jelas Diana.

Roti Eneng buka tiap hari Selasa-Minggu mulai jam 08.00 pagi hingga 21.00. Saat weekend, kedai ini akan ramai dipadati pembeli terutama di pagi hari saat waktu sarapan. (ARS)