Angkasa Pura II Selenggarakan Balai Ekonomi Desa di Borobudur

oleh

Magelang, NusantaraPos – Dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pada tanggal 7 April 2018, PT Angkasa Pura II (Persero) hadir ditengah-tengah masyarakat Desa Tegal Arum, Kecamatan Borobudur, Magelang melalui kegiatan ground breaking program pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Balkondes sendiri merupakan salah satu program Pemerintah melalui Kementerian BUMN yang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat desa, melalui pemberdayaan potensi-potensi pariwisata di masing-masing desa. Pelaksanaan pembangunan Balkondes ini akan melibatkan tidak kurang dari 20 BUMN dan 20 Desa yang tersebar di Kecamatan Borobudur, Magelang. Hingga saat ini telah terbangun enam belas Balkondes dan AP II menjadi BUMN ke 17 yang akan menjalankan program ini.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan, “Sebagai bagian dari BUMN, AP II kini hadir dalam Pembangunan Balkondes Tegal Arum. Fokus utama dalam pembangunan Balkondes ini adalah bagaimana mengangkat potensi ekonomi di daerah dan tentunya kami mengajak warga sekitar untuk turut berperan aktif dalam proses pelaksanaannya. Oleh karena itu mari kita satukan langkah dan tekad agar realisasi program Balkondes ini dapat segera memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar,” dalam Siaran Pers AP II, Senin (9/4/2018).

Tegal Arum sendiri merupakan salah satu desa yang memiliki lokasi strategis sehingga diharapkan mampu mendongkrak laju ekonomi masyarakatnya. Dengan dibangunnya Balkondes maka diharapkan menjadi pemicu geliat ekonomi kerakyatan yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan warga sekitar.

Kepala Kecamatan Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan,” Kami berterimakasih kepada AP II karena dengan adanya Balkondes tentunya akan menjadi ladang pembelajaran bagi warga untuk menjadi lebih mandiri dan sadar akan potensi-potensi positif yang dimiliki oleh desa, khususnya dibidang pariwisata. Tentu harapannya adalah desa-desa yang ada dikawasan Kecamatan Borobudur ini bisa menjadi potret desa wisata yang unggul serta memperkuat kemegahan wisata Borobudur,” terangnya.

Pembangunan Balkondes Tegal Arum dibagi menjadi dua tahap. Untuk penyelesaian pembangunan tahap pertama akan dimulai pada April 2018 dan ditargetkan rampung pada September 2018. Mengusung tema Saka Pitu yang berarti tujuh pilar, Balkondes Tegal Arum akan memiliki 7 bangunan utama yang berdiri di atas lahan seluas 6.500 meter persegi. Bangunan tersebut difungsikan sebagai penginapan dengan jumlah minimal 10 kamar pada masing-masing penginapan. Disamping dapat difungsikan sebagai penginapan, lokasi Balkondes Tegal Arum yang berada pada jalur perlintasan utama menuju Candi Borobudur juga diperuntukkan sebagai lokasi rest area yang dilengkapi dengan kamar mandi serta area parkir kendaraan.

Kedepannya, PT Angkasa Pura II (Persero) beserta Balkondes Tegal Arum berkesempatan untuk turut serta berpartisipasi dalam event internasional yang diselenggarakan oleh International Council of Women (ICW) pada awal September 2018 bertempat di Borobudur.

Sesuai dengan arahan Menteri BUMN, para tamu yang hadir dalam kegiatan tersebut rencananya akan diinapkan di seluruh Balkondes. Hal ini menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan dan mempromosikan Balkondes Tegal Arum kepada perwakilan dari 50 negara yang berpartisipasi dalam event akbar tersebut. (*)