Fisipol UMK Baksos di Aiasa Semau Kupang

oleh

Kupang, Nusantara Pos. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) di Desa Aiasa Kecamatan Semau Kabupaten Kupang, Sabtu (14/4).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), Idris M Ali menjelaskan, ada sejumlah 168 mahasiswa semester 4 dari program studi Ilmu Politik, Sosiologi, Kessos dan Antropologi yang turun ke sana.

“Kita keluar dari kampus pukul 07.00 wita. Kita dengan kapal Feri ke Aiasa Semau. Kita dua hari di sana,” ungkapnya kepada wartawan di Kupang, Jumat (13/4).

Dijelaskannya lebih lanjut, kegiatan baksos merupakan wujud nyata masyarakat multikultur sebagai karakter dari Muhammadiyah, yang diaplikasikan dalam bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Bentuk kegiatan adalah membersihkan pantai Aiasa Semau dan membagikan sembako kepada janda dan duda yang sudah tidak produktif lagi. Sembako itu adalah hasil sumbangsih dari mahasiswa. Apalagi ini masih dalam moment Paskah dan Isra Mi’raj, kita ke masyarakat peduli terhadap sesama. Untuk agama, tidak membeda-bedakan kepada siapa dia harus peduli,” ucap Idris.

Lanjut Idris, di Universitas Muhammadiyah Kupang, Fisipol tidak mempunyai laboratorium, karena laboratorium dari Fisipol adalah di masyarakat. Sehingga, kegiatan baksos tersebut juga merupakan aplikasi dari teori itu.

Selain melakukan bakti sosial di laboratorium Fisipol di Desa Aiasa tersebut, lanjutnya, Fisipol juga melakukan pendekatan Sains di mayarakat. Dengan membedah fenomena masyarakat pesisir di Pulau semau, seperti contohnya adanya peningkatan transportasi masyarakat dengan beroperasinya Kapal Fery jalur Kupang-Semau.

“Kemudian lain-lainnya juga seperti tentang ekonomi masyarakat produktif di pesisir dan kepulauan dan lain-lainnya,” pungkasnya. (*Mar Tambe)