Aksi Pembobol Indomaret Terekam Kamera CCTV, Ditangkap Polsek Gondang Sragen

oleh

Sragen, NusantaraPos – Terekam kamera CCTV, Ega Saputra Wibawa (20) pelaku pembobol brankas toko Indomaret Gondang 1 berlokasi di komplek pasar Gondang kecamatan Gondang Sragen, di bekuk personil Unit Reskrim Polsek Gondang Polres Sragen Polda Jawa Tengah semalam, Minggu (17/06/2018).

Seperti dikutip dari humas.polri.go.id, pelaku Ega Saputra, yang juga mantan karyawan Indomaret di tempat kejadian perkara, sempat terekam sorotan kamera CCTV, sebelum ia memangkas kabel kamera CCTV, untuk melancarkan aksinya, untuk membobol brankas milik toko Indomaret di wilayah Gondang tersebut.

Kenekatan Ega, lantaran ia sudah hafal seluk beluk toko indomaret tersebut, dimana ia pernah bekerja di toko ini, selama kurun waktu 2.5 tahun. Ia kemudian pindah menjadi karyawan di toko indomaret Sukowati, hingga saat aksi ini ia lancarkan.

Peristiwa pembobolan ini sendiri baru diketahui pada Sabtu pagi, pukul 07.30 WIB. Saat salah seorang kasir hendak mengambil uang dari brankas di gudang lantai dua Indomaret.ia terkejut melihat gudang keadaan gudang sudah berantakan. Atas kejadian ini, pihak Supervisor Indomaret Diyan Nufiyanto, langsung melapor ke Mapolsek Gondang.

Sementara itu, Kapolsek Gondang AKP Suhardi dalam keterangannya mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman mengatakan, dari laporan kejadian ini, kemudian pihak Kepolisian langsung melakukan pengecekan serta penyelidikan, yang akhirnya setelah selama kurang lebih 12 jam, pelaku dapat di ketahui dari rekaman CCTV, dan dipastikan adalah Ega Saputra, mantan karyawan toko indomaret yang sudah keluar beberapa waktu yang lalu, dan berpindah menjadi karyawan Indomaret Sukowati.

“Memang benar, kita telah mendapatkan laporan kejadian ini. Dan setelah kita selidiki melalui rekaman CCTV, aksi pelaku sempat terekam kamera CCTV, sebelum akhirnya kamera ini mati. Namun dari rekaman sekilas ini, para saksi sudah dapat memastikan bahwa wajah pelaku tak lain adalah rekan mereka sendiri, yang juga mantan karyawan indomaret yang telah keluar, “ terang AKP Suhardi.

“Setelah masuk ke lokasi gudang, dengan cara membuka grendel tralis jendela, pelaku sempat memotong kabel kamera CCTV dengan menggunakan tangga. Hingga saat ini, tangga ini masih berada di bawah kamera CCTV, ia juga sempat membalikan arah rekaman CCTV, dimaksudkan agar aksinya tak dapat di ketahui oleh siapapun,” lanjutnya.

“Aksi pertamanya di dalam gudang adalah menguras brankas dengan cara membuka paksa menggunakan gerinda. Hal ini di pastikan setelah petugas mendapati potongan gerinda yang tertinggal dilokasi kejadian. Selain itu, ia juga memaksa membuka brankas dengan menggunakan alat linggis, untuk merusak kunci kombinasi brankas, yang juga masih tertinggal di lokasi kejadian, “ tambahnya.

Dari penangkapan terhadap pelaku Ega Saputra Wibawa (20) di rumahnya di Dukuh Jetis Desa Glonggong Kecamatan Gondang Sragen, petugas mendapati uang hasil pencuriannya sebesar Rp 417 ribu rupiah, kosmetik dengan berbagai merk, serta 10 voucer belanja indomaret massing masing sebesar Rp 100 ribuan, hingga total kerugian yang di derita pihak indomaret Gondang sebesar Rp 2.994 ribu rupiah, belum termasuk kerusakan brankas.

Saat ini Ega harus mendekam dalam tahanan Polsek Gondang, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, sebagaimana dimaksud pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan. (*)