Babinsa Jaga Beranda Terdepan NKRI

oleh

NUNUKAN – Untuk pererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung Tugas Pokok Babinsa, serta mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, anggota Koramil 0911/04 Sembakung Kodim 0911/Nunukan, Sertu Rofi’i disela pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 102 Wiltas di Kecamatan Sembakung, secara rutin melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat di Desa binaannya.

Demi menjaga hubungan yang harmonis antara TNI dengan masyarakat, Sertu Rofi’i juga rutin menjalin silaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya. Salah satunya dengan berkunjung kerumah bapak Kapulin, Kamis (12/07).

Komsos ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaannya, Babinsa adalah ujung tombaknya satuan Teritorial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, harus mengetahui situasi serta kondisi masyarakat dan Desa binaannya, karna itu Komsos sebisa mungkin dilakukan secara rutin oleh Babinsa.

Sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, bahwa Tugas Pokok TNI termasuk TNI AD sebagai bagian integral dari TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, yang dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut dijabarkan dalam tugas operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Binter (Pembinaan Teritorial) masuk dalam OMSP, semakin sering Babinsa melakukan Komsos maka masyarakat akan makin percaya dengan TNI, dengan demikian akan mudah menghimpun informasi dari masyarakat, baik informasi keaman, ekonomi serta informasi yang sedang berkembangan dimasyarakat. (12/07)

(Pendim 0911/Nnk)