Buku ‘Synergy Way of Disruption’ Resmi Diluncurkan

oleh
Jakarta, NusantaraPos – Penerbit Gramedia Pustaka Utama resmi meluncurkan buku Synergy Way of Disruption pada hari ini, Kamis (13/9) betempat di Cozyfields Gramedia Pondok lndah Mall 1, Jakarta Selatan.
Buku panama Direktur Telkom Sigma, Achmad Sugiarto (Anto) ini mengulas cara bagaimana sebuah produk dapat menjadi disruptif dengan mengoptimalkan dan mengolaborasikan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan, termasuk juga pemanfaatan teknologi digital secara menyeluruh di dalamnya.
‘Sebuah produk dapat dikatakan disruptive ketika kualitasnya jauh lebih tinggi dan harganya jauh lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor sehingga mayoritas segmen pelanggan hampir pasti memilih produk tersebut dibandingkan competitor,” tulis Anto pada bagian Pendahuluan bukunya.
‘Untuk mencapai tingkatan disruptive, sebuah produk harus memanfaatkan teknologi digital, baik dalam aspek customer, data, maupun platform sebagai value drivers. Artinya, pemanfaatan teknologi digital tersebut harus mampu menjawab kebutuhan pelanggan dengan experience yang baik, mampu mengelola, mengolah, sekaligus menganalisis data menjadi informasi yang bermanfaat, serta mampu memfasilitasi seluruh stakeholder untuk saling betinteraksi dan berkelaborasi,’ Ianjutnya.
Buku Synergy Way of Disruption disusun Anto berdasarkan pengaIamannya bersama Michael E. Raynor, Doktor Harvard Business School yang juga adalah penulis buku-buku bisnis terkenal. Buku ini sekaligus menyarikan keahlian yang dimiliki Anto saat bersinergi sebagai mediator, advisor, dan terakhir sebagai driver, baik untuk cross-customerfacing unit (CFU) Telkom Group, lintas BUMN, dan perusahaan lainnya.
“Keenam bab dalam buku ini saya susun berdasarkan kajian Iiteratur yang intensif dan pengalaman selama menjabat sebagai Senior Vice President Synergy and Portfolio Telkom. Pembelajaran dari berbagai pengalaman tersebut yang membuat saya dapat mengembangkan model Synergy Way of Disruption,” papar Anto.
Sebagai hasil dari penerapan model gagasannya tersebut, Anto telah mampu membawa Divisi Multimedia, Divisi Solution Convergence, Divisi Digital Business, dan start-up Indonesia memenangkan Festival Inovasi Telkom Group, Indonesia ICT Awards, ASEAN ICT Awards, dan Asia Pacific ICT Awards.
Pada tahun 2016, atas dedikasi dan kontribusinya dalam pembinaan start-up di Indonesia, Anto juga memperoleh penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden Republik Indonesia. (RIE)