Ibu Hamil Kecanduan Minuman Berkafein? Hati-Hati Kalau Sayang Sama Bayi

oleh
Ilustrasi Ibu Hamil sedang Minum Kopi. Net

Jakarta,Nusantarapos,– Kehamilan merupakan dambaan bagi setiap pasangan untuk mendapatkan keturunan. Namun tentu saja dalam menjaga kehamilan tentulah memerlukan kehati-hatian khusus dalam menjaga kandungan agar nanti anak yang dilahirkannya menjadi anak yang sehat.

Dalam soal kehamilan, harus bisa memilih-milih makanan dan minuman yang tentunya aman dikonsumsi. Ada beberapa minuman yang sehat serta bagus untuk mendukung kehamilan .

Bagi ibu-ibu hamil yang biasa mengkonsumsi kopi sebaiknya saat hamil dihindari dalam minum kopi secara berlebihan karena efek dari kafein yang terkandung dalam kopi, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berbahaya bagi kehamilan.

Kafein ini memiliki efek stimulant dan diuretil yang berpengaruh dalam peningkatan frekuensi buang air kencing yang dapat memicu dehidrasi, tekanan darah tinggi, hingga meningkatnya denyut jantung. Hal ini akan membahayakan ibu hamil dan juga pada naak yang dikandungnya.

Unntuk minuman yang mengandung kafein yang perlu dibatasi bagi ibu hamil diantaranya teh, kopi, dan soft drink. Dari sebuah penelitian, minum-minuman yang berkafein yang berlebihan dapat beresiko pada keguguran saat kehamilan trimester pertama dan juga bayi terlahir dengan berat badan yang rendah. Oleh karena itu, ada dosis kafein yang boleh diminum oleh ibu hamil adalah hanya secangkir setiap harinya

Ada Beberapa minuman sehat yang baik untuk kehamilan Anda adalah sebagai berikut.

  1. Air putih
    Ibu hamil disarankan untuk memperbanyak minum air putih, paling tidak 2 liter dalam sehari atau sama dengan 8 gelas air putih. Jangan khawatir, air putih tidak berdampak buruk bagi kesehatan, justru akan menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi, susah buang air besar, hingga memperlancar aliran darah.
  2. Jus buah-buahan
    Ibu hamil biasanya paling suka yang segar-segar. Di siang hari yang terik, menikmati segelas jus buah-buahan, misalnya jus apel, mangga, alpukat, jeruk, kiwi atau jus yang dibuat dengan mencampurkan aneka buah tentu menyegarkan. Benar saja, karena minum jus buah-buahan ini akan menyehatkan kehamilan Anda. Minuman berbahan buah-buahan ini kaya akan vitamin dan mineral yang membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain itu, dalam buah-buahan juga kaya akan serat yang akan membantu melancarkan pencernaan. Terkadang, ibu hamil di trimester awal kehamilan sering mengalami morning sickness yang berujung tak nafsu makan. Dengan mengkonsumsi jus, perut akan terasa kenyang dan menghindarkan Anda dari rasa mual dan muntah.
  3. Susu
    Susu merupakan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Biasanya, produk susu khusus kehamilan menjadi pilihan. Susu selain rasanya yang nikmat juga kaya manfaat, terutama bagi ibu hamil karena kaya akan kalsium dan vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang janin. Untuk susu kehamilan, biasanya juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral pendukung kehamilan, seperti folat yang sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah cacat janin. Namun, susu ibu hamil ini tidak wajib dikonsumsi ibu hamil. Ibu hamil bisa mengkonsumsi susu dari susu sapi biasa. Bagi ibu hamil yang kebetulan alergi susu sapi maupun produk susu khusus ibu hamil, bisa menggantikannya dengan susu kedelai. Di pasaran, kini sudah banyak produk susu kedelai yang bisa ibu konsumsi. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi susu paling tidak 2 gelas dalam sehari supaya tubuh sehat dan kebutuhan nutrisi kehamilan Anda pun tercukupi. Saat memeriksakan diri ke dokter kandungan, berkonsultasi mengenai susu yang dikonsumsi sebaiknya dilakukan supaya dokter bisa memberikan tambahan suplemen yang tepat untuk kehamilan Anda.(*)