oleh

IGR-4 akan Digelar pada 31 Oktober – 1 November 2018 di Bali

Jakarta, NusantaraPos – Indonesia bersama negara-negara anggota United Nations Environtment Programme (UNEP) akan menggelar The Fourth Intergovernmental Review on Global Programme of Action for the Protection of the Marine Environment from Landbased Activities (IGR-4) di Bali pada 31 Oktober – 1 November 2018.

Nantinya, acara ini akan dipimpin oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta dihadiri oleh 108 negara. Sekitar 300-400 peserta dari berbagai negara akan berkumpul di Bali dan membahas langkah ke depan mengenai upaya melindungi lingkungan laut dari sumber pencemaran nutrient, air limbah dan sampah laut yang berasal dari daratan.

Kardiansyah selaku Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup KLHK mengatakan bahwa kegiatan IGR-4 seharusnya sudah dilaksanakan tahun lalu. “Kegiatan ini harusnya sudah dilaksanakan Oktober 2017. Tapi waktu itu kita ada gunung berapi, gunung Agung. Kami minta fatwa ESDM jawabannya tidak ada jaminan,” kata Kardiansyah saat jumpa pers di Gedung KLHK Jakarta, Senin (8/10/2018).

Hasil dari penyelenggaraan IGR-4 ini diharapkan bisa memperkuat Indonesia dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan laut beserta sumber daya alamnya, juga memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat, termasuk dari segi pariwisata.

“Kita berharap momen ini menjadi arena kita untuk momen wisata. Menguntungkan bagi publik, juga ekonomi masyarakat baik,” pungkasnya. (ARS)

Komentar