oleh

Festival Jaranan Mulai Dibuka PLH. Bupati Trenggalek

Trenggalek, -Rangkaian acara pembukaan Festifal Jaranan Trenggalek Terbuka ke-23 yang bertempat di Alun-alun Trenggalek sangat istimewa. Usai dibuka oleh Plh. Bupati Trenggalek Drs. Pariyo yang ditandai dengan pelecutan cemeti secara bersama-sama.

Ngesti Laras Budaya group binaan SMA Negeri I Karangan Trenggalek jadi bintang tamu pembuka dalam acara tersebut. jum’at(24/08/2018)
Group jaranan ini pernah dikirim Bupati ke Negeri matahari terbit dan kala itu tampil memukau di hadapan para juri dan ribuan para penonton.

Dipilihya Ngesti Laras Budaya ini tanpa sebab. Pasalnya, group didikan asal SMAN I Karangan ini banyak menorehkan segudang prestasi, baik di dalam Negeri maupun di luar Negeri.

Ditingkat Nasional, prestasi membanggakan berhasil diukir group ini. Yaitu, juara I Lomba tari daerah tingkat Kodam V Brawijaya. Tampil dalam acara Narkoba di provinsi Riau. Bahkan yang paling membanggakan pernah dikirim secara khusus ke Ritsumeikan Asia Pasific University Beppu Jepang.
Ini merupakan langkah yang diambil pemkab Trenggalek dalam mengenalkan kebudayaan Trenggalek khususnya agar di ketahui ileh mancanegara.

Sang aktor pencipta indahnya gerakan koreo grafi dibalik layar Ngesti Laras Budaya, Bella Resti Merysa S. Pd menjelaskan, bahwa SMAN I Karangan dibagi menjadi 2 group. Dimana 1 pembukaan, sedangkan yang lain untuk mengikuti festival.

“kita memang sengaja mengeluarkan dua grup, yangmana 1 untuk pembukaan, sedangkan yang lain untuk khusus mengikuti festival, namun berbeda pemain” jelasnya

Guru seni sekaligus guru tari tersebut juga menambahkan, agar anak didiknya tampil memukau dihadapan para pengunjung dan tamu undangan.

*untuk tampil memukau saja tidak cukup. Kita sebelum itu juga sudah menggembleng mental anak-anak supaya bisa tampil maksimal”. Tutupnya. (ta). 

Komentar