Kaum Muda Manggarai Dalam Bingkai Lamaholot

oleh

Kupang, Nusantara Pos. Angkatan Muda Muslim Lamaholot (AMMAL) Kecamatan Reok, Manggarai menggelar kegiatan Pelantikan Pengurus & Sarasehan bertajuk ‘Merajut Kebersamaan Dalam Bingkai Lamaholot’ di Gedung Islamc Center Kecamatan Reok, Sabtu (04/8).

Ketua AMMAL Kecamatan Reok, Mahmud Bethan, S. Pd dalam sambutannya mengungkapkan, kehadiran organisasi AMMAL bukan merupakan perkumpulan massa guna untuk menyusun suatu kekuatan politik agama, akan tetapi kehadiran AMMAL adalah untuk bersinergi dengan pihak manapun dalam bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

“Sebagai ketua terpilih secara pribadi dan organisasi saya memikul tanggung jawab penuh untuk mengarahkan roda organisasi ini ke arah yang di restui cendikiawan dan lewotanah lamaholot. Saya mengajak kepada seluruh pengurus, mari kita berangkat dari satu pemahaman yang sama tanamkanlah suatu kepercayaan bahwa amanah ini adalah suatu permulaan untuk melakukan banyak hal baik,” ujarnya.

Dijelaskannya, kehadiran organisasi AMMAL pada tahun 2006 lalu itupun melalui proses dan perjuangan panjang yang dilalui oleh cendikiawan dan tokoh Lamaholot yang ada di Kecamatan Reok, yakni Almarhum Haji Syarif Ulu, Ibrahim Bethan, Ibrahim Ilyas, SH.I, dan Syukur Sulaiman, A.Ma.

Mengakhiri sambutan, Mahmud Bethan mengucapkan terimakasih kepada Ir.Kanisius Tonga, selaku Camat Reok yang hadir.

Memberikan sambutan sekaligus membuka acara dengan resmi, Camat Reok Ir. Kanisius Tonga
mengapresiasi kaum muda Lamaholot yang telah menunjukkan keberadaan dalam sebuah wadah organisasi etnis, dan hal ini baru pertama kali terjadi selama saya menjabat sebagai Camat di Reo, dan tidak menutup kemungkinan akan lahir pemimpin-pemimpin dari rahim Lamaholot yang akan datang.

Adapun undangan yang hadir pada kegiatan AMMAL tersebut adalah Camat Reok, Unsur Forkompinca Reok, Kepala KUA Reok, Pimpinan BUMN/BUMD, Ketua MUI Reok, Ketua FKAUB Reok, Imam Masjid, Pendeta, Pastor, Dewan Pendiri/Penasehat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan
Ormas Kepemudaan. (*MRT)