Kurangi Dampak Lingkungan, Pemkab Kepulauan Seribu Lakukan Operasi Tangkap Plastik

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Sebagai salah satu cara mengurangi dampak pencemaran lingkungan dan kesehatan laut diwilayah Kepulauan Seribu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta, AkzoNobel dan Greeneration Foundation melaksanakan kegiatan operasi tangkap plastik di Pulau Pramuka, Jum’at (10/08/2018).

Nantinya kegiatan ini akan dilakukan dengan melakukan pengumpulan sampah plastik di lepas pantai, yang kerap kali melanda daerah pariwisata.

“Kegiatan ini sangat baik dan tentu kami sangan mengapresiasi, karena seperti yang kita ketahui sampah plastik ini bahaya bagi ekosistem di laut. Tugas kami sebagai pamong adalah membina masyarakat untuk merubah kebiasaan mereka dari yang tidak tertib dan tidak patuh serta sembarangan membuang sampah palstik dimana pun berada menjadi tertib. Semtara tugas LH adalah mengambil yang sudah menjadi sampah,” kata Sekertaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric Pahlevi Zakaria Lumbun seperti dikutip dari laman resmi Pulau Seribu Jakarta.

Untuk itulah, Eric berharap semua lapisan masyarakat dan instansi di Pemkab Kepulauan Seribu untuk bekerja bersama-sama menyelesaikan masalah sampah, sehingga wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu semakin lebih indah serta penuh warna.

“Sebagai daerah destinasi wisata, kita harus perisapkan keindahan lingkungan, sumber-sumber hayati, perikanan, sehingga membuat keanekaragaman biota laut layak untuk di konsumsi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Isnawadji mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan tersebut dan siap berkontribusi untuk pariwisata Kepulauan Seribu khususnya dalam operasi tangkap plastik.

“Saat ini yang menjadi perhatian adalah masih banyaknya penggunaan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan, karena yang tidak ramah lingkungan itu tidak bisa terurai dalam waktu ratusan tahun. Dengan ini diharapkan kita bisa mengurangi dampak tersebut, sehingga laut disini bersih dan sehat,” tandasnya. (*)