Menkominfo Apresiasi Penyelenggara TV Siaran dan Layanan Komunikasi Seluler

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara siaran televisi dan opetator seluler yang mendukung kelancaran mudik lebaran tahun ini.

“Terima kasih banyak saya ucapkan kepada teman-teman yang menyosialisasikan kesiapan mudik yang disiapkan pemerintah dan jajarannya. Terutama dari kesiapan operator penerbangan, kapal laut, bus, kereta api, operator seluler,” katanya dalam Open House Idulfitri 1 Syawal 1439 H di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (15/06/2018), dalam Siaran Pers Kominfo.

Apresiasi juga disampaikan Menteri Rudiantara kepada operator penyelenggara jasa layanan telekomunikasi yang membantu kelancaran komunikasi selama mudik lebaran. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Kami selalu mengikuti pergerakan dari masyarakat yang mudik. Sekarang pergerakan mulai beralih ke jalur lama, Pantura ke jalan tol. Teman-teman operator memperkuat jaringan di sana,” katanya.

Lebih lanjut Menteri Kominfo menjelaskan selama mudik lebaran operator layanan telekomunikasi seluler menyediakan akses dalam bentuk mobile Base Tranceiver Station (BTS). Combat BTS juga dipasang oleh operator telekomunikasi di sejumlah rest area untuk memastikan layanan telekomunikasi seluler lancar.

“Lebih dari 100 Mobile BTS disiapkan sepanjang jalan tol mudik. Alhamdulillah lancar tidak ada masalah. Kapasitas di Jakarta pun jadi lowong, karena semua sedang mudik,” katanya.

Sebelum arus mudik lebaran, Kementerian Kominfo dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah meminta kepada operator telekomunikasi untuk memastikan performansi atau daya kinerja jaringan telekomunikasi mampu melayani pelanggan dengan memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

“Saya telah meminta operator seluler melakukan pengujian secara saksama di daerah-daerah tujuan mudik, lokasi-lokasi kepadatan dan jalur mudik. Di kota-kota tujuan mudik rute-rute pengujian juga diperluas sehingga dapat dijamin coverage dan kekuatan sinyal yang diharapkan. Kami di BRTI juga akan melakukan pengawasan pelaksanaan pengujian dan mengevaluasi hasilnya,” jelas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Kominfo/Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Ahmad M. Ramli.

Berdasarkan hasil laporan kemampuan jaringan telekomunikasi bergerak dalam mendukung Mudik Lebaran 2018, menurut Dirjen Ramli sudah menunjukkan kesiapan jaringan dan layanan telekomunikasi.

“Dari sisi kapasitas, jangkauan dan kekuatan sinyal sehingga dalam kurun prosesi lebaran 2018 dapat dipastikan beroperasi dengan baik,” ungkapnya.

Mengenai daya dukung tambahan untuk jaringan layanan telekomunikasi, Kementerian Kominfo dan BRTI telah meminta operator telekomunikasi untuk menambah kemampuan jaringan dan layanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari kota asal ke kota tujuan mudik.

“Ada dua sisi daya dukung yang disediakan, pertama tambahan kemampuan jaringan dengan penempatan mobile BTS di area-area kepadatan yang tinggi dan penambahan kapasitas jaringan di jalur mudik pada umumnya dan daerah tujuan mudik. Kedua, pelayanan tambahan melalui posko-posko dan agen-agen penjualan pulsa yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat ketika dalam perjalanan,” jelas Dirjen Ramli.