Minat Masyarakat Umum Terhadap Ilmu Kedokteran Hewan UGM

oleh

Yogyakarta, Nusantarapos -Masyarakat di indonesia tentu sudah mengenal dan mengetahui dengan baik tentang Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai salah satu universitas unggulan yang ada di Indonesia. Seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan disana adalah seluruh pemuda pemudi dari seluruh indonesia.

Dan untuk diketahui masyarakat bahwa mahasiswa yang menempuh pendidikan disana adalah mahasiswa unggulan dari seluruh daerah di Indonesia. Salah satu jurusan yang banyak diambil para mahasiswa disana adalah Fakultas Kedokteran Hewan yang mana kita ketahui Indonesia saat ini masih memerlukan banyak sekali dokter-dokter hewan yang mumpuni dalam menangani hewan di seluruh indonesia baik itu untuk hewan peliharaan maupun hewan satwa liar.

Saat ditemui oleh awak media, dosen Fakultas Kedokteran Hewan Drh. Soedarmanto Indarjulianto mengemukakan,”Sejauh ini yang saya tahu mengenai minat masyarakat terhadap kedokteran hewan itu sudah banyak tahu. Untuk beberapa tahun belakangan ini terjadi peningkatan yang tajam sekali dan persyaratan untuk masuk ke Fakultas kedokteran hewan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini untuk masuk Fakultas Kedokteran Hewan hanya dipilih calon mahasiswa pilihan yang pertama”.

Dan Drh.Slamet Raharjo MP selaku dosen di Fakultas Kedokteran Hewan UGM dan juga owner dari Pets Clinic Calico yang bertempat di Jalan Raya Tajem Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta juga menambahkan “Minat masyarakat sangat tinggi, terbukti saat ini tingkat persaingan peminat yang ingin masuk Fakultas Kedokteran Hewan itu 1:20 artinya untuk bisa diterima di Fakultas Kedokteran Hewan peminat harus mengalahkan minimal 20 pesaing. Dan untuk masyarakat Yogyakarta Fakultas Kedokteran Hewan lebih favorit dibanding Fakultas Kedokteran Umum dan Fakultas Kedokteran Gigi terbukti presentase mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan asal Jogja selalu paling tinggi berkisar 25-30% dibanding di daerah lainnya dan profesi dokter hewan sekarang lebih diminati dibanding profesi dibidang hukum, pertanian dan peternakan sehingga mereka sadar dari awal persaingan sudah berat dan mereka pasti akan bersungguh sungguh untuk bisa lulus dengan tepat waktu. Dan itu sudah terbukti karena setiap tahunnya mahasiswa yang lulus dengan tepat waktu lebih dari 80% dari jumlah mahasiswa yang menempuh pendidikan disini,” pungkasnya.