oleh

Mohamad Nasir Lantik 28 Pejabat LLDIKTI

Jakarta, NusantaraPos – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir hari ini melantik 28 pejabat yaitu Kepala dan Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di Gedung Kemenristekdikti Senayan, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

LLDIKTI merupakan pengembangan dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang semula mengkoordinasikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di masing-masing wilayah.

LLDIKTI terbentuk seiring dengan keluarnya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi pada Bulan April 2018.

Kini, LLDIKTI tak hanya bertugas mengkoordinasikan PTS, tapi juga Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Program utama tetap menggkoordinasikan, menertibkan. Tapi pembinaan, pengawasan, pengendalian tidak hanya PTS saja tapi juga PTN,” kata Mohamad Nasir saat diwawancarai awak media.

“Penyetaraan pelayanan antara PTN dan swasta nanti lambat laun akan kami sesuaikan supaya semua LLDIKTI akan menjadi perwakilan,” lanjutnya.

Ke depan, LLDIKTI juga akan bertugas melayani pengajuan program studi (prodi) baru, baik dari PTN dan PTS. “Nanti pengusulan program studi akan coba kami delegasikan ke daerah, supaya lebih sederhana di sana. Jadi nanti kalau selesai, Kementerian tinggal mengeluarkan SK nya. Jadi dalam mereview, melakukan tindakan akan kami serahkan ke LLDIKTI,” jelasnya.

Dalam pelantikan tersebut, turut hadir Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhamad Dimyati, Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Jamal Wiwoho serta pejabat eselon II di lingkungan Kemenristekdikti. (ARS)

Komentar