Peduli bencana, Rotary Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Tanah Tinggi

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Rumah padat penduduk di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat dilanda musibah kebakaran pada Selasa, (26/6/2018) lalu. Sedikitnya 49 rumah terbakar yang terdiri 90 kepala keluarga dan 360 orang yang mendiami rumah tersebut merasakan kesedihan yang mendalam karena tempat tinggalnya habis dilalap si jago merah meskipun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

 

 

Untuk sedikit meringankan beban korban kebakaran tersebut Rotary Club Indonesia memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok bagi warga yang mengalami musibah kebakaran pada Kamis (5/7/2018) kemarin.

 

 

District Gubernur Rotary Club 3410 Indonesia bagian barat, Yusuf Djemat mengatakan kegiatan seperti ini sering kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang terkena musibah dan tidak mampu. Kami turut prihatin atas tragedi kebakaran yang terjadi di Tanah Tinggi ini.

 

 

“Pada kegiatan ini ada 5 club Rotary yang ikut bergabung memberikan kepedulian terhadap korban kebakaran. Adapun 5 club Rotary tersebut adalah Rotary Jakarta Gambir, Rotary Cawang-Tebet, Rotary Jakarta, Rotary Cilandak dan Rotary Kelapa Gading,” ujarnya seusai memberikan bantuan.

 

 

Lanjut Yusuf, keberadaan Rotary sendiri sudah ada di 150 negara, 539 distrik dan telah memiliki anggota sekitar 1,2 juta orang. Selain menyumbang korban kebakaran, kita sudah menolong orang yang terkena palesemia dimana sel darah putih memakan sel darah merahnya. Selain itu, Rotary Club internasional juga berkiprah untuk memberantas Polio di dunia.

 

 

Kemudian proyek-proyek yang kita bangun seperti air bersih di Kupang, Bandung dan lain sebagainya. Saya sendiri punya proyek di Bantar Gebang, Bekasi yang merupakan sebuah tempat pembuangan sampah namun kita berhasil membangun sekolahan di sana.

 

 

“Di lokasi tersebut kita buatkan air bersih, sanitary, wc yang tadinya jongkok kita buatkan yang duduk. Kemudian kita kasih pengobatan gratis setiap sebulan sekali, kita kasih susu dan wi-fi meskipun ada di tempat sampah tapi mereka bisa gunakan wi-fi,” katanya.

 

 

Suami dari Pakar Maritim Indonesia Chandra Motik itu juga menjelaskan kegiatan-kegiatan sosial Rotary Club di dunia. Dimana Rotary Club memberikan bantuan sosial seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya.

 

 

“Rotary Club setiap tahunnya memberikan bantuan untuk pendidikan, kesehatan dan sebagainya yang berjumlah 21 juta poundsterling yang disalurkan ke seluruh dunia,” katanya.

 

 

Untuk Rotary Club Indonesia, tambah Yusuf, kami menghimbau kepada club agar mengajak anggota baru untuk bergabung minimal satu club satu orang, jadi kalau ada 60 club ya ada 60 orang yang menjadi anggota Rotary per tahunnya.

 

 

“Karena Rotary ini sifatnya sosial, maka untuk pendanaan kami kumpulkan dari iuran para anggota. Adapun bentuk iuran tersebut ada 2 kategori yakni dalam bentuk US dollar dan juga rupiah. Kalau yang US dollar langsung masuk ke Amerika sedangkan yang rupiah untuk operasional di Indonesia,” tutup Konsultan Hukum senior yang juga merupakan Pengusaha tersebut.(Hari)