oleh

Pemkab Bogor Gelar BKGC Award

Bogor, NusantaraPos – Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menggelar Bogor Kabupatenku Green and Clean (BKGC) Award. Ajang pemberian penghargaan bergengsi di Kabupaten Bogor ini merupakan yang kedua kalinya digelar. Namun uniknya, tahun ini dilaksanakan secara serempak pada 40 kecamatan.

Kegiatan BKGC bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat sekaligus sebagai pengamalan nyata kebersamaan masyarakat di tingkat RW dalam pengelolaan lingkungan hidup. Tujuan untuk mewujudkan Kabupaten Bogor yang bersih dan hijau sekaligus bebas sampah.

Pada awalnya, program ini diikuti oleh 180 Kampung Ramah Lingkungan (KRL) melalui proses pendampingan, edukasi dan motivasi yang dilaksanakan dalam dua tahap verifikasi. Akhirnya, terpilih 88 KRL se-Kabupaten Bogor yang memenuhi kriteria dalam pengelolaan sampah, penghijauan, pengelolaan sanitasi, dan pelaksanaan konservasi lingkungan. Sebagai bentuk apresiasi serta motivasi bagi ke-88 KRL tersebut, Pemkab Bogor kemudian menyelenggarakan BKGC Award ini.

Tahun 2018 ini, BKGC Award diberikan kepada 16 KRL tingkat madya. Selain menerima trophy, pemenang juga menerima dana pembinaan dari Pemkab Bogor dengan nominal bervariasi mulai dari 2,5 juta hingga 8,5 juta rupiah. Sementara untuk pemenang penghargaan KRL tingkat pratama (pemula), yaitu sebanyak 72 KRL, menerima dana pembinaan sebesar 2 juta hingga 5 juta rupiah.

Junaeri, ketua KRL RW 13 Puri Artha Sentosa Desa Waringin Jaya Kecamatan Bojong Gede, menyatakan bahwa dirinya dan seluruh masyarakat di lingkungannya merasa gembira dan bangga atas terpilihnya KRL mereka sebagai salah satu pemenang kategori KRL Pengelolaan Sampah terbaik.

“Kerja keras kami dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan mengelola sampah selama ini rupanya tidak sia-sia. Dengan penghargaan ini kami menjadi semakin bersemangat untuk berbuat lebih banyak demi terciptanya Kabupaten Bogor yang lebih bersih, asri dan indah,” tutur Junaeri usai memperoleh penghargaan BKGC Award, Minggu (7/10/2018).

Sementara itu, staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Bogor mengungkap bahwa tahun ini DLH melibatkan penghargaan pada seluruh kegiatan lingkungan dalam BKGC Award, termasuk diantaranya 19 sekolah Adiwiyata tingkat Kab. Bogor tahun 2018. Keterlibatan masyarakat mulai dari pelaku LH teladan dan satgas teladan pada 88 KRL dan 19 sekolah Adiwiyata dengan jumlah total sekitar 2.500 orang.

Dalam penghargaan tersebut, DLH juga mempersiapkan hadiah tambahan berupa gerobak motor untuk pemenang kategori Best of the Best utama yang diraih oleh KRL RW 12 Kelurahan Cibinong (tingkat madya) dan KRL Nanas Gunung Putri (tingkat pratama). Kecamatan dengan partisipasi terbanyak adalah Kecamatan Cibinong dengan total 31 KRL yang masuk sampai dengan tahap akhir.

Kegiatan ini rencananya akan terus digelar setiap tahunnya dengan pemberian edukasi secara keberlanjutan dan bertahap. Diharapkan kegiatan lingkungan ini bisa menjadi bagian di masyarakat, sehingga semua RW pada akhirnya berusaha mewujudkan daerah ramah lingkungan sehingga tercipta lingkungan yang lebih baik untuk generasi yang akan datang. (*)

Komentar