Perekrut Yuliana Kana Dibekuk di Bali

oleh

Kupang, Nusantara Pos. Tersangka Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan korban Yuliana Kana, telah dibekuk di Denpasar Bali.

Demikian yang disampaikan Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Jamari,SH,MH saat dikonfirmasi, Selasa (29/5).

Diungkapkan Jamari, tersangka yang berinisial SB dibekuk di kosnya di Jl.Legian Belakang Hotel Kumala Pantai Denpasar.

“Polres TTS bersama Kanit Tipidum Aipda Dominikus Lawek dan Briptu I Putu Eka Harta Gunawan dengan didampingi anggota Polsek Kuta berhasil membekuk Tersangka SB di tempat kosnya di Jl. Legian Belakang Hotel Kumala Pantai Denpasar,” ujar Jamari.

Pada saat dilakukan penangkapan, lanjut Jamari, tersangka tidak dapat berbuat banyak.

Setalah ditangkap, tersangka langsung dibawa ke Polsek Bandara Ngurah Rai Denpasar untuk diamankan sebelum dibawa ke Kupang, Selasa (29/5).

Untuk diketahui, tersangka SB alias SMB pada bulan April 2012 di Desa O’of Kecamatan Kuatnana membujuk orang tua Korban Yuliana Kana yang bernama Barnabas Kana untuk ikut kerja di luar negeri (Malaysia) setelah SMB alias SB. Lalu SB mempertemukan korban dan orang tua korban dengan AK di rumahnya di Babau Kabupaten Kupang. Setelah itu AK menyuruh orang tua Korban untuk pulang ke rumah di Kuatnana dengan memberikan uang sebesar Rp.1.000.000,00.

Adapun Yuliana Kana meninggal dunia di Malaysia pada tahun 2013.

Atas perbuatannya tersebut, yersangka SMB alias SB terjerat Pasal 2 ayat (1), pasal 4 dan Pasal 19 UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan TPPO dengan ancaman pidana penjara paling singkat 3 tahun penjara dan paling lama 15 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 120.000.000 dan paling banyak Rp. 600.000.000. (*MRT)