oleh

Populerkan Bahasa Isyarat, Kominfo Wajibkan Siaran Berita Gunakan Bisindo

Jakarta, NusantaraPos – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung penuh upaya untuk memopulerkan penggunaan bahasa isyarat di Indonesia.  Salah satu kebijakan yang diambil adalah mewajibkan televisi siaran untuk menyediakan tayangan bahasa isyarat Indonesia dalam program berita.

 

“Kominfo mengeluarkan kebijakan bahwa bahasa isyarat televisi harus ada di setiap televisi yang izinnya diberikan oleh Kominfo. Memang, tidak bisa secara langsung sekaligus namun dilakukan secara bertahap karena televisi di Indonesia ini jumlahnya ratusan terutama televisi lokal,” kata Menteri Kominfo Rudiantara dalam Peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional Tahun 2018 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Minggu (23/09/2018).

Pemerintah Indonesia, menurut Rudiantara tidak membedakan masyarakat Indonesia yang berkebutuhan khusus maupun yang tidak.  

“Di mata pemerintah, semua masyarakat Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Demikian halnya di sektor kominfo, kalau sekarang banyak halnya yang berkaitan dengan internet. Bahkan, beberapa kebijakan Kominfo itu ditujukan kepada kita yang berkebutuhan secara khusus,” jelasnya.

Dunia komunikasi dan informatika yang dinamis dan bergerak terus, dinilai Rudiantara menjadi peluang bagi setiap orang untuk berkreasi.  “Ini merupakan kesempatan bagi teman-teman, bagi kita semua untuk berkreasi. Sekali lagi saya berpesan kepada teman agar tidak memiliki kelebihan yang tentunya tidak saya miliki, begitulah Tuhan menciptakan manusia,” kata Rudiantara. 

Menteri Kominfo menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Hari Bahasa Isyarat Internasional tahun ini.  Secara khusus Rudiantara mengapresiasi dan mendukung upaya Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia  (Gerkatin) untuk memasyarakatkan bahasa isyarat.

“Di hari ini kita merayakan Hari Bahasa Isyarat Internasional. Diperingati setiap tanggal 23 september, dan minggu depan juga selama 1 minggu kita. Saya ucapkan Selamat Hari Bahasa Isyarat Internasional dan terima kasih kepada teman-teman sivitas internal kominfo,kepada panitia penyelenggara, seluruh stakeholders terkait dan para komunitas yang telah rela meluangkan waktunya padahal ini hari libur untuk kemajuan bagi Indonesia yang kita cintai,” ungkapnya. (*)

Komentar