Presiden: Peringatan Hari Pancasila Harus Dimanfaatkan Sebagai Momen Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Presiden Joko Widodo mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” ujar Presiden saat memimpin upacara Peringatan Hari Pancasila Tahun 2018 di Gedung Pancasila Jakarta, Jumat (01/06) seperti dilansir dari laman resmi Kemenag.

Dikatakan Presiden, negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk.

Menurutnya, seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan.

“Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” tutur Presiden.

”Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para founding father atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada generasi-generasi berikutnya yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

“Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya,” ucapnya.

Upacara peringatan Hari Pancasila digelar di Gedung Pancasila, gedung bersejarah tempat dirumuskannya Pancasila berjalan khidmat.

Sejumlah pimpinan lembaga tinggi Negara termasuk Presiden, menteri kabinet kerja termasuk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta undangan tampak kompak mengenakan busana tradisional Nusantara. (*)