oleh

Sawah Seluas 11 Hektare Terendam Banjir, Petani Desa Pasuruhan Kecamatan Binangun Gagal Tanam

Cilacap, NusantaraPos- Hujan yang mengguyur seputaran Kecamatan Binangun membuat sejumlah persawahan di desa Pasuruhan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap terendam banjir.

Hujan deras dan lebat secara terus menerus melanda wilayah seputaran Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap mengakibatkan terendamnya persawahan. Area persawahan yang terendam banjir tersebut yakni persawahan Desa Pasuruhan seluas 11 Hektare,” ujar Kapten Inf Tugirun Danramil 04/Binangun, Kodim 0703/Cilacap, Senin (30/10).

Danramil 04/Binangun turun langsung mengecek area sawah yang terendam banjir. Sedangkan Babinsa Desa Pasuruhan bersama Babinsa yang lain berada dilokasi memantau perkembangan situasi untuk mendata area yang terkena dampak banjir.

Dikatakan, kalau sudah terjadi banjir seperti itu kerugian petani cukup lumayan. Selain membeli bibit padi lagi juga pengeluaran biaya untuk tanam padi.

Dalam rilis Danramil 04/Binangun, Kapten Inf. Tugirun mengatakan, sejumlah Babinsa sibuk menyelamatkan benih padi yang siap untuk ditanam. Akibat terendam banjir benih padi segera diselamatkan karena daun padi yang biasanya berwarna hijau nantinya akan hancur dan menguning.

Banjir kali ini berlangsung sangat cepat dan lebih besar apabila dibandingkan dengan keadaan serupa pada tahun lalu. Akibatnya, areal persawahan di desa Pasuruhan yang terendam banjir meluas.

Menurut dia, sebagian petani sudah menebarkan benih padi dan saat ini mulai tumbuh sehingga siap untuk ditanam, namun sebagian lagi baru tebar benih.

“Kalau benihnya masih baru, bisa bertahan dalam genangan air paling lama dua hingga tiga hari. Namun kalau sudah berumur satu bulan bisa bertahan dalam genangan banjir hingga satu minggu,” pungkasnya. (Srd.Sty)

Komentar