Suka Jajan Otak Otak? Jangan Lupa Mampir ke Pasar Ikan Muara Angke

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Bagi Anda yang hobi wisata kuliner khususnya Otak Otak, jangan lupa mampir ke Pasar Ikan Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara. Di sini berjejer penjual yang menjajakan Otak Otak secara fresh karena pengolahannya langsung dibakar di tempat.

Nusantarapos pun mampir ke penjual Otak Otak bernama ibu Yuli, Sabtu (16/6/2018). Ketika baru duduk, saya sempatkan bertanya dahulu harganya. “Rp. 2 ribuan,” ujarnya sembari mengipas Otak Otak yang dibakar di atas panggangan.

Jika kebanyakan Otak Otak terbuat dari ikan Tenggiri, disini agak berbeda karena menggunakan ikan lain yang tak kalah lezatnya. “Ikan mata Goyang atau mata belo,” sahutnya.

Ibu Yuli juga bercerita kalau bahan baku ikan Mata Goyang disini bukan dibeli dari nelayan Muara Angke, meskipun ia berjualan di daerah tersebut.

“Ikannya dari luar daerah, kapal kecil, bukan dari sini. Soalnya disini kapalnya gede, pulangnya 3 bulan sekali,” jelasnya.

Tak perlu menunggu lama, sekitar 5 menit, Otak Otak yang baru selesai dibakar langsung dihidangkan. Tak lupa Ibu Yuli memberikan piring plastik kecil, menyajikan bumbu kacang di dalam botol beling, saos, kecap, jeruk limau, serta garpu kecil berikut pisau.

Sewaktu dicicipi, rasa Otak Otaknya lumayan enak. Tidak kalah dengan Otak Otak yang terbuat dari ikan Tenggiri.

Ia juga menjelaskan, hasil racikan rasa bumbu kacang dari tiap penjual Otak Otak disini berbeda-beda. “Ambil ikannya sama, cuma bikin bumbunya beda,” ungkapnya.

Tak hanya berjualan di pasar Muara Angke, Ibu Yuli pun juga merambah jualan online. Pembeli bisa memesan Otak Otak dan diantarkan langsung olehnya atau menggunakan jasa ojek online. “Kalau ada yang pesen ntar saya anter pake Grab,” pungkasnya.

Penjual Otak Otak disini biasanya membuka kios mulai jam 09.00 pagi hingga tengah malam. Pembelinya pun dari berbagai daerah. “Dari Bogor juga ada,” pungkasnya. (RIE)