oleh

Tingkatkan potensi wisata, via ferrata di tebing spikul

Kabupaten Trenggalek memiliki banyak potensi wisata alam ynag beragam nan elok. Kabupaten yang terletak di pesisir Selatan Jawa Timur tersebut dikenal memiliki tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi

Salah tempat yang cukup menantang adrenalin para wisatawan dan para pendaki adalah Tebing Spikul.
Tebing spikul merupakan tebing tertinggi di Jawa Timur. Lokasinya terletak sekitar ± 400 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Di tebing ini ada jalur khusus untuk mencapai puncaknya. Salah satunya adalah Via Ferrata, atau bisa disebut dengan jalur besi.

“Jalur Via Ferrata di Trenggalek yang mulai di bnagun sejak juni 2017 di bagi menjadi dua spot pendakian, dengan ketinggian sekitar 150 meter diatas permukaan laut dan 250 mdpl” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek, Joko Irianto, kamis (23/08/2018)

Joko menerangkan, bahwa panjat tebing ini dibagi dalam tiga paket. paket pertama disebut Apache Route dengan ketinggian Rp. 125 ribu per pack. Paket kedua disebut dengan Spartan Route dengan ketinggian 225 meter dengan biaya Rp 225 ribu. Sedangkan yang ke tiga disebut Spartan Plus, ini dengan ketinggian 225 meter dengan fasilitas yang berbeda, dengan biaya Rp. 350 ribu ler pack.

“yang membuat wisata alam ini menarik adalah panoramanalamnya yang masih asri. Apa lagi ketika matahari muncul dan tenggelam” imbuhnya.

Untuk memanjat tebing ini wisatawan tidak lerlu khawatir, karena di tempat ini sudah disediakan pemandu khusus. Peralatan yang di gunakan juga sudah di sediakan dan memenuhi standart pemakaian.

“kami berharap, wisata ini semakin banyak dikunjungi oleh wisawatan khususnya luar negeri. Wisata khusus ini merupakan kerjasama antara CV Indo Via Ferrata, perhutani, LMDH (Lembaga Masyarakat Hutan) dengan investor swasta sebagai operator pelaksana. Pungkasnya.

Komentar