oleh

Triono Hibahkan Tanah Untuk Poskamling di TMMD Banjarnegara

BANJARNEGARA – Ketiadaan Poskamling di desa sasaran TMMD Reguler ke-102 Kodim 0704 Banjarnegara, Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum dijawab sudah oleh Kodim melalui pembangunan 1 Unit Poskamling yang bangunannya terletak tanah pekarangan salah satu warga. Tanah itu merupakan hibah dari Triono, Rt. 02 Rw. 03 Dusun/Desa Pasegeran. Progres pembanunannya sudah mencapai 15 %. Terlihat salah satu Satgas TMMD sedang merangkai besi sebagai kerangka atap bangunan serta ring balok. Jum’at (13/7/18).

Triono adalah salah satu warga yang mengutamakan kepentingan orang banyak. Keberadaan Pos Kamling akan berfungsi untuk mendidik warga masyarakat dalam kepedulian melaksanakan pengamanan lingkungan secara swakarsa. Keberadaannya akan menumbuhkan kedekatan antar masyarakat, dikarenakan tiap malam masyarakat yang kena giliran jaga maupun tidak, akan dapat berkumpul, bertemu untuk menjaga keamanan kampungnya.

“Pos Kamling dibangun sebagai sarana untuk menciptakan Kamtibmas di desa. Semoga masyarakat semakin menyadari akan pentingnya keamanan lingkungan melalui ronda malam yang belum ada di Pasegeran, sehingga ronda perlu dihidupkan disini,” ungkap Danramil 06 Kalibening, Kapten Inf. Asep Zaenal.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Poskamling juga berperan dalam cegah dini terhadap gangguan Kamtibmas. “Keberadaannya juga untuk memupuk kebersamaan warga, dengan budaya ngeronda malam.”

Dalam program TMMD Reguler oleh Kodim banjarnegara, selain melakukan rabat beton jalan desa sepanjang 1,1 Km, juga dilakukan pembangunan Talud sepanjang 100 meter, pembuatan saluran drainase jalan sepanjang 100 meter, Bronjongisasi beberapa titik tebing dengan panjang total 56 meter maupun bedah RTLH sebanyak 10 Unit.

Sementara Kades Pasegeran, Aris Winarno sangat menyambut baik adanya pembangunan Poskampling di desanya. Warga dikerahkannya secara bergiliran untuk ikut bekerja membantu Satgas TNI dalam pendiriannya.(pendim0704bna)

Komentar