Vino G. Bastian Didapuk jadi Duta Kampanye Anti Pembajakan Film

oleh

Jakarta, NusantaraPos – Aktor Vino G. Bastian didapuk menjadi duta kampanye anti pembajakan film oleh Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI). Ia merasa bangga bisa mewakili perasaan para aktor dan pekerja film yang juga menentang pembajakan.

“Seneng banget saya bisa menjadi duta pembajakan. Buat saya gemes juga ya ngomongin soal pembajakan, film saya juga kena (bajak). Kali ini buat saya bisa bersuara lebih jelas lagi. Sebagai aktor hanya mewakili ribuan aktor dan pekerja film yang ada dibalik pembuatan film,” kata Vino saat peluncuran Kampanye Anti Pembajakan Film di XXI Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Bagi suami Marsha Timothy ini, meningkatkan kesadaran untuk tidak melakukan pembajakan pada penonton menjadi bagian penting dari kampanye tersebut. Tak hanya PH film dan produser, aktor seperti dirinya pun juga merasa dirugikan.

“Kita sebagai aktor juga dirugikan, pembajakan bukan hal yang keren. Sosialisasi yang dibuat kita disini lebih soft karena yang lebih penting penyadaran pembajakan itu,” kata Pemeran Wiro Sableng ini.

Menurut pria 36 tahun itu, pelaku pembajakan tak hanya orang yang merekam filmnya tapi juga penontonnya. Menonton film hasil pembajakan juga suatu bentuk kejahatan.

“Jadi bukan ditujuin kepada yang ngerekam, tapi jutaan orang yang melihat. Buat saya pembajak dan pelihat sama-sama pelaku pembajakan,” tegasnya.

Selain Vino, aktor yang juga diangkat menjadi Duta Kampanye Pembajakan Film yakni Fariz Alfarizi dan Jessica Veranda. Kampanye ini disutradarai oleh Teguh Rahardjo dengan voice over Marsha Timothy. Iklan kampanye ini akan diputar di bioskop seluruh Indonesia baik di jaringan Cinema XXI, CGV, Cinemaxx serta social media. (RIE)