YTMI NTT:Pilkada NTT Harus Damai, Aman dan Tentram

oleh

Kupang, Nusantara Pos Ketua Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI) Provinsi NTT, Saturminus Jawa memandang momentum pilkada hari ini adalah sebagai kabar gembira, sehingga harus diramaikan dengan penuh kesadaran dan kegembiraan dalam menggunakan hak pilih, demi kepentingan NTT 5 tahun ke depan.

“Siapa pun yang terpilih adalah putra putri terbaik NTT dan mereka adalah Gubernur NTT apabila dipilih rakyat,” ujar aktivis PMKRI itu di Kupang, (26/6).

Atas dasar itu, pria yang akrab disapa Christian itu mengatakan, pilkada tahun 2018 tidak boleh menjadi ancaman perpecahan, perselisihan serta meretak hubungan kekeluargaan dan persaudaraan yang sudah terjalin selama ini di NTT, meskipun berbeda pilihan calon kepala daerah.

“Pilkada hakekatnya merupakan ikhtiar untuk memilih pemimpin di daerah yang akan melaksanakan tugas untuk menjaga nilai-nilai agama, budaya dan untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat NTT secara merata di setiap pelosok daerah,” katanya.

Untuk calon kepala daerah yang terpilih sebagai kepala daerah NTT, menurut Christian, harus mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan kelompok dan golongan kerena NTT adalah kita.

“Begitupun proses pemenangan yang harus terhindari dari praktik politik kotor seperti kampanye hitam, menyebarkan berita bohong (hoax), ujaran kebencian, fitnah, adu domba dan politik uang, demi terciptanya suasana yang kondusif, aman, damai dan tentram, agar masyarakat NTT dapat menggunakan hak konstitusionalnya dengan pertimbangan yang sehat, jernih dan rasional dan dengan penuh rasa kegembiraan tanpa ada tekanan, intimidasi dan paksaan, ” pungkas Christian. (*MRT)