oleh

Yusuf Djemat Dikukuhkan Sebagai Governor of Rotary International District 3410

Jakarta, NusantaraPos – Bertempat di hotel Singosari Ballroom, Grand Sahid Jaya Hotel Rotary International District 3410, Jumat (10/8/2108) malam, mengukuhkan Yusuf Djemat sebagai Governor of Rotary District 3410 periode 2018 – 2019 setelah periode sebelumnya dipegang oleh Sumantoro Radjiman.

Seusai pengukuhan, Yusuf Djemat mengatakan saya mengucapkan syukur dan terima kasih seluruh PDG atas dukungannya kepada saya. Saya berharap ke depan kita bisa bekerja sama yang baik. Tanpa dukungan teman-teman sekalian, saya tidak akan berhasil.

“Kepada rotarian saya berharap untuk tetap mempertahankan etika Rotary, antara lain saling menolong, menyatukan perbedaan-perbedaan yang ada. Berfikirlah apa yang bisa diberikan untuk Rotary, jangan berfikir apa yang didapat dari rotary, walaupun kita berbeda tapi kita harus bersatu,” ujarnya.

Yusuf mengajak kepada seluruh rotarian untuk saling menghormati satu dengan yang lain.”Kita harus tetap menghormati orang lain, tidak boleh menyindir apalagi memaki orang. Buatlah club ini supaya orang merasa nyaman,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Yusuf juga menjelaskan program – program Rotary untuk kemanusiaan.” Kami telah membuat program air bersih, kesehatan, pemberantasan penyakit, kemudian membuat pendidikan sekolah dan perpustakaan kita juga membangun ekonomi rakyat. Terkait dengan terjadinya gempa di Lombok kami juga telah mengirim bantuan berupa uang, pakaian, obat-obatan dan makanan,” terangnya.

Yusuf menjelaskan sebagaimana kita ketahui Rotary sendiri lebih banyak bekerjasama dengan swasta dan bergerak di bidang sosial. Untuk itu Rotary sedang menggalakkan program agar mendapat dukungan dari pemerintah seperti pemberantasan Thalasemia, kemudian Polio Flash. Program tersebut yang merintis adalah Rotary dan sekarang menjadi nol diseluruh dunia.

“Dalam bergerak di sosialnya, Rotary juga dibantu oleh Melinda Gates Foundation. Setiap 1 dollar bantuan yang kami berikan, Melinda Gates akan membantu 2 dollar, minimum 50 juta dollars, jadi dia akan membantu 100 juta dollar. Karena itu kami juga terus membuat program-program yang bermanfaat bagi manusia,”tambahnya.

Untuk saat ini Rotary memiliki anggota yang tersebar di Indonesia sekitar seribu lebih, dalam setiap tahunnya terus bertambah. Yusuf bersyukur karena sudah bisa menambahkan member sebanyak 85 orang. “Saya menghimbau kepada seluruh Presiden Club untuk menambah membership,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Secretary District 3410 periode 2018-2019 Chandra Motik menyatakan agar mendata membership bagi tiap-tiap club dan kegiatannya setiap tahun. Ini kita lakukan untuk mengetahui membership dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, sehingga tertib.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Pengurus Rotary International District 3410 tahun 2018-2019. Ia berharap pengurus baru ini dapat mengemban tugas-tugas kepengurusan Rotary International dalam program aksi kemanusiaan.

Rotary International District 3410, imbuhnya, turut mendukung dan berperan serta mengembangkan kesehatan, khususnya pencegahan penyakit polio di Indonesia.

“Berkat dukungan Rotary International District 3410 ini, Indonesia berhasil mendapat sertifikat bebas volio dari WHO pada 2014,” kata Kasubdit Imunisasi Kemenkes RI Endah Sulastiono, saat membacakan pidato tertulis Menkes Nila Moeloek.

Acara ini dihadiri oleh Past President, Past District Governor, President Club dan para rotarians se-Indonesia.(Hari.S)

Komentar