Tanggap Bencana, Demokrat DKI Bantu Korban Kebakaran Di Sawah Besar

Jakarta, Nusantarapos.co.id – Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono memastikan Demokrat tanggap bencana. Karena itu Pihaknya langsung memberikan bantuan untuk korban kebakaran di Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Dengan menerapkan protokol ketat, Mujiyono bersama kadernya menyalurkan bantuan ke korban kebakaran di Jalan P. Jayakarta Budirahayu 1 Rt.006 Rw.09 Kelurahan Mangga Dua Selatan Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

“Sesuai pesan Ketum AHY, kader Partai Demokrat harus bisa membantu meringankan beban masyarakat, terutama yang terkena bencana. Alhamdulillah, kali ini saya berkesempatan bersilaturahmi dengan korban kebakaran Sawah Besar,” ujar Mujiyono di lokasi, Senin (31/1/2021).

Menurut Mujiyono, bantuan Partai Demokrat yang diberikan kali ini berupa kebutuhan sekolah bagi anak-anak yang terdampak kebakaran.

“Dari informasi yang kami terima, ada puluhan anak sekolah yang turut terdampak kebakaran ini. Maka, kita siapkan tas sekolah, buku, pulpen, pensil, rautan, penggaris, pensil warna bagi anak-anak ini agar proses pendidikannya tidak terganggu,” kata Mujiyono.

Selain itu, pihaknya juga menyalurkan bantuan terpal, Air Mineral, Biskuit, Makanan Siap Saji, Masker, Handsanitizer hingga uang tunai untuk membantu meringankan beban korban kebakaran.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta ini juga mendorong Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta untuk meningkatkan Response Time dengan melengkapi berbagai kebutuhan sarana/prasarana penanggulangan kebakaran, khususnya penambahan mobil pemadam kebakaran.

“Dalam penanganan kebakaran di permukiman padat penduduk dan permukiman kumuh, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ini harus bisa menyediakan APAR bagi masyarakat, memprioritaskan pemeliharaan hydran serta membentuk relawan di tingkat RT,” tegasnya.

Sebelumnya, DPD Partai Demokrat DKI Jakarta cepat tanggap atas musibah kebakaran yang menimpa warga Sawah Besar, Jakarta Pusat, yang terjadi Kamis (27/1/2022) malam. DPD Partai Demokrat DKI Jakarta menyerahkan sejumlah bantuan yang dihimpun dari Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Melani Leimena Suharli dan kader DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, baik pengurus, anggota fraksi serta simpatisan.

Diketahui, ada tiga RT pada RW 09, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat yang menjadi korban kebakaran tersebut. Sedikitnya, ada 3 rumah di RT 5, 28 rumah di RT 6, dan 15 rumah di RT 7 yang ludes dilalap sijago merah.

Lurah Mangga Dua Selatan di Sawah Besar, Agatha Bayu mengatakan, warga terdampak kebakaran telah diungsikan ke posko pengungsian di Gedung Baja yang lokasinya tidak jauh dari titik kebakaran. Selain itu, ada beberapa warga yang mengungsi ke rumah sanak saudaranya.

Lebih lanjut Agatha mengatakan, sejumlah bantuan dari Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat berupa sembako, pakaian, handuk, serta makanan siap saji telah datang dan dibagikan kepada warga.

Dari keterangan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat pihaknya menurunkan 18 unit mobil Damkar dan 110 petugas ke lokasi. Operasi pemadaman dimulai pukul 22.50 WIB dan selesai pada pukul 04.35 WIB. Sudin Gulkarmat menaksir kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp 700 juta.