Desainer Iffah M Dewi Tuangkan Kerinduan akan Nabi di Karya Busana Muslim Terbarunya

Yogyakarta,Nusantarapos.co.id- Kisah perjalanan Hijrah Rosulluloh Muhammad SAW, dari Mekkah ke Madinah memberikan inspirasi bagi seorang desainer asal Yogyakarta, Iffah M Dewi dalam menciptakan karya busana muslim ‘Ishqun Nabawi’ untuk tahun 2022 ini.

Iffah M Dewi, merupakan pemilik Sogan Batik dari Kampung Rejondani, Kabupaten Sleman dan dikenal dengan rancangan busana bernuansa Islami. Dalam setiap rancangannya, ia ingin menyampaikan pesan agar umat muslim dapat lebih mengenal keindahan Masjid Nabawi dan mencintai Nabi Muhammad SAW. 

Koleksi Isqhun Nabawi tersebut ditampilkan dalam ajang Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2022, sebuah event nasional yang menampilkan busana-busana muslim dari sejumlah perancang busana Indonesia.

MUFFEST+ juga mendapatkan dukungan penuh oleh Presiden RI Joko Widodo berserta KEMENPAREKRAF, karena dinilai sejalan dengan program pemerintah yang tengah mempersiapkan Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia pada 2024 mendatang. Saat ini, Indonesia memiliki banyak potensi, dari sumber daya manusia, pasar, wastra lokal yang beraneka ragam hingga perancang busana yang berkualitas.

Iffah M Dewi menjelaskan, karya Ishqun Nabawi, terinspirasi dari rasa rindu untuk kembali ke Masjid Nabawi Madinah.

” Cuplikan kisah perjuangan Rasulullah di awal hijrah di Madinah juga menghadirkan elemen elemen dekoratif yang ada pada Masjid Nabawi, motif zig zag (cevron) yang mirip dengan motif pada menara masjid, motif payung , motif bunga sulur seperti karpet di Raudhah, dan motif lengkung pilar masjid Nabawi,” jelasnya saat ditemui di ajang MUFFEST+ 2022 di Hartono Mall, Yogyakarta (9/4).

Menggunakan warna warna yang ada di Masjid Nabawi, tembok masjid  merah bata dan coklat muda, karpet hijau di Raudhah dan langit biru kota Madinah pagi hari. Karya Ishqun Nabawi dibuat dengan material batik cap dan tulis. Sedangkan untuk jenis busananya tersedia mode Dress, Abaya Outer, dan Tunic.

Dalam karyanya ini, Iffah berharap kita semua bisa mengenal keindahan Masjid Nabawi serta meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dan kebaikan-kebaikannya.

” Semoga kita dapat mengenal keindahan Masjid Nabawi dan yang tinggal didalamnya yaitu Nabi Muhammad SAW dan tumbuh rasa cinta pada beliau, ketika rasa cinta sudah hadir maka akan terasa ringan utk mengikuti kebaikan yang beliau contohkan,” harapnya.

MUFFEST+ 2022 merupakan event tahunan yang diaelenggarakan oleh IFC Jogja dan berlangsung mulai 6-10 April 2022 dan bisa disaksikan masyarakat di Yogyakarta dan sekitarnya secara langsung. (AKA).