KSAD Berikan Kuliah Umum di UGM

Yogyakarta,Nusantarapos.co.id- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE., M.M., mengatakan ancaman terhadap negara sekarang ini tidak hanya dalam bentuk perang, namun juga ancaman dari sisi ketersediaan pangan, energi dan sumber daya air bersih.

Menurutnya, TNI Angkatan Darat (TNI AD) saat ini juga ikut berperan dan berpartisipasi membantu program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan dan pengadaan fasilitas air bersih dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Pesan Presiden pada saat saya dilantik, Bantu pemerintah sejahterakan masyarakat pasca pandemi covid-19 dan sejahterakan prajurit TNI. Pesan beliau hanya ada dua,” ujar Jenderal Dudung Abdurahman saat menyampaikan kuliah umum bertajuk Ketahanan Organisasi dalam Kepemimpinan Strategis dan Inovatif di ruang Balai Senat, Gedung Pusat UGM, Senin (24/10).

Dudung mengungkapkan, demi mengoptimalkan program ketahanan pangan, TNI bekerja sama dengan dinas pertanian di berbagai wilayah di Indonesia menggarap lahan kosong milik TNI untuk ditanami tanaman pangan seperti tanaman padi dan jagung.

“Ada sekitar 9.000 hektare lebih, bekerja sama dengan dinas pertanian, hasilnya diberikan pada masyarakat yang terdampak,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau, para prajurit TNI mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan produktivitas pertanian rakyat.

”TNI harus hadir di tengah kesulitan rakyat, harus memberikan solusi dan TNI harus hidup berdampingan, apapun kegiatannya,” tambahnya.

Dalam bidang pertanian, TNI juga ikut mendukung pengadaan 744 titik fasilitas sumber daya air bersih bagi masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan akses air bersih di seluruh Indonesia.

Selain itu, TNI juga melakukan antisipasi daerah yang berisiko kena rawan pangan dan stunting dengan cara meminta jajaran Babinsa dan Koramil untuk siap menjadi orang tua asuh.

Sementara itu, Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. dr. Ova Emilia M.Med.Ed., Sp.OG (K), Ph.D., menyambut baik terlaksananya forum executive lecture series yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana UGM dengan menghadirkan KSAD, Jenderal Dudung Abdurachman.

“Terima kasih telah berkenan meluangkan waktunya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam forum ini. Semoga forum ini mampu memperluas cakrawala dan pemikiran bersama dalam mengembangkan kapasitas kepemimpinan dan inovasi masa depan,” katanya. (AKA)