Peringatan 1 Abad, NU Gelar Expo UMKM

Yogyakarta, Nusantarapos.co.id – Memperingati 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) menggelar kegiatan Expo UMKM 1 Abad NU ‘Si Bakul Local Fest’ di Stadion Kridosono akan berlangsung mulai tanggal 7-11 Desember 2022.

Kegiatan yang mengusung tajuk Go Global Go Digital ini diprakarsai oleh PW Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) DIY berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Pemda DIY. Dibuka dengan kegiatan karnaval dan peragaan busana di jalan yang diikuti oleh ribuan warga dari Nahdliyin NU.

Ketua DPW HPN DIY Wawan Harmawan sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Si Bakul Local Fest mengatakan, sejumlah kegiatan telah disiapkan oleh panitia untuk memeriahkan acara selama lima hari tersebut.

“Meliputi pameran bidang teknologi digital, energi terbarukan, perkembangan fashion dunia, industri produk halal, pariwisata, kekinian, produk pertanian, makanan dan minuman, industry kreatif, workshop serta seminar nasional,” ujar Wawan Harmawan di saat pembukaan di Kridosono, Yogyakarta, (7/11).

Selain itu, adda juga kegiatan meriah lainnya seperti, nikah bersama, stand angkringan, Festival Kopi, Senam Sak Isane, Fun Walk, Hiburan Musik, dan lainnya.

“Khusus untuk Si Bakul Local Fest akan menampilkan produk-produk UMKM unggulan karya warga nahdliyin. Nanti juga akan ada nikah bersama nasional gratis, fashion show on the street, dan seminar bisnis,” jelasnya.

Ia menambahkan, Si Bakul Local Fest ini dikemas berbeda dibandingkan expo pada umumnya dan pengunjung yang masuk ke dalam area pameran tidak dipungut biaya alias gratis.

Ia juga meminta masyarakat dapat memanfaatkan momentum pameran ini sebagai ajang silaturahmi dan ikut menguatkan keberadaan pelaku UMKM.

Selain itu, para pengunjung yang akan belanja di area stan pameran diwajibkan menggunakan uang digital atau cashles. Pemilik stand pameran tidak menerima pembelian dengan cara uang cash. Hal ini dilakukan semata-mata bagian dari sosialisasi penggunaan uang digital.

“Jadi, transaksi yang dilakukan oleh pengunjung dengan pemilik stan pameran wajib menggunakan uang digital. Kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa ke depan semua transaksi dilakukan secara digital,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemda DIY, Srie Nurkyatsiwi mengapresiasi HPN DIY, PWNU DIY dan badan otonomnya yang telah berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Si Bakul Local Fest ini.

Baginya, keterlibatan dan partisipasi warga nahdliyin dalam expo merupakan momentum yang istimewa karena dapat memulihkan perekonomian akibat adanya pandemi Covid-19.

“Apalagi, system penyelenggaraan Si Bakul Local Fest ini menggunakan teknologi informasi, system cashles. Mari kita meriahkan Si Bakul Local Fest ini,” ungkapnya. (AKA)