OPINI  

Harmonisasi Rencana Pileg 2024 Di Kab. Pacitan Bisa Terapkan Konsep 7 Sapta Pesona.

Oleh : Mujahid
(Peneliti Pariwisata) / BPPT

Meskipun Pileg tagun 2024 baru tahap demi tahap mulai dijalankan namun Harmonisasi kegiatan pilihan legeslatif mulai sekarang perlu diciptakan. Hal itu bisa sejalan dengn konsep penerapan 7(tuju) Sapta Pesona yang biasa diterapkan dalam pembangunan pariwisata berkelanjutan berwawasan lingkungan, dari ketuju konsep itu antara lain :

KEAMANAN : Menciptakan situasi yang kondusif untuk pelaksanaan Pileg.

KETERTIBAN : Melakukan kegiatan – kegiatan dengan mempertimbangkan peraturan yang berlaku.

KEBERSIHAN : Menjaga lingkungan yang sehat saat melakukan kegiatan di lapangan.

KESEJUKAN : Bersikap korporatif dan sopan santun melayani kepentingan masyarakat yang beraneka ragam.

KEINDAHAN : Menjaga estetika pemandangan terutama pemasangan gambar caleg, mengingat Pacitan sedang membangun industri pariwisata.

KERAMAHAN : Bersikap ramah tamah terhadap lingkungan.

KENANGAN : Meninggalkan kesan positif bagi Bacaleg setelah memperkenalkan dengan masyarakat yang diharapkan menjadi pendukungnya.

Bagi Bacaleg memunculkan daya tarik agar mendapat simpati sangat penting untuk meraih suara sebanyak banyaknya. Selaniutnya tinggal bagaimana pandai-pandainya mengambil hati Bakal Calon Pemilih (BACALIH) pada titik-titik kekuatan yang ada ditengah masyarakat ( Stake Holder ).

Selain itu terciptanya harmonisasi di tingkat lintas partai atau lintas komunitas tidak menutup kemungkinan kerja terpadu empat pilar demokrasi yang terdiri dari Legeslatif, Eksekutif, Yudikatif, Media semakin lebih efektif.

Sehingga kerja KPUD sebagai penyelenggara yang diberi amanah bisa terbantu, oleh karena itu KPUD harus bisa mengimbangi dengan cara kerja propesional walaupun masih sebatas menjalankan tahapan yang dilakukan dibawah ini :

Pengajuan bakal calon mulai senin 1- 14 Mei 2023.

Pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon senin 26 Juni – Minggu 9 Juli 2023.

Pencermatan Rancangan DCS 6 – 11 Agustus 2033.

Penyusunan dan penetapan DCS, 12 – 18 Agustus 2023.

Pengumuman DCS 19 -23 Agustus 2023.

Masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS, 19 – 28 Agustus 2023.

Demikian juga Bawaslu Pacitan dibawah Komando Berty Stevanus HRW, SH tentunya sudah mempersiapkan segala resiko yang terjadi menyikapi pelanggaran dilapangan. Bawaslu akan bergerak dengan menerapkan sesuai tugas pokok dan fungsinya (TUPOKSI).

Tidak ringan mengawasi semua kegiatan berkaitan Pileg, misalnya kalau terjadi intimidasi, kampanye hitam, money politik, penyalahgunaan wewenang maupun kecurangan yang lain. \